Destinasi Camping Pilihan Favorit Para Backpackers Di Kepulauan Seribu

Destinasi Camping Pilihan Favorit Para Backpackers Di Kepulauan Seribu

destinasi camping pulau seribu

Camping Pulau Seribu - Kepulauan Seribu Jakarta banyak menawarkan keindahan pulau serta pantainya yang masih alami dan cantik. Rata-rata wisatawan yang berkunjung ke Pulau Seribu menggunakan jasa agen perjalanan wisata atau travel untuk memfasilitasi kegiatan wisatanya, mulai dari homestay untuk menginap, akomodasi makanan sampai ke peralatan wisata semua telah disediakan tentunya dengan memesan Paket Wisata yang di tawarkan oleh para agen perjalanan wisata.

Nah ... buat anda yang ingin merasakan sensasi wisata tanpa menggunakan jasa agen perjalanan wisata, salah satunya adalah dengan Wisata Camping. Biasanya wisata ini banyak dilakukan oleh para backpacker yang mempunyai jiwa selalu dekat dan cinta dengan alam. Camping tidak selalu di lakukan di gunung, di pulaupun bisa dilakukan.

Melalui artikel ini kami informasikan beberapa destinasi wisata camping di Kepulauan Seribu yang bisa dijadikan tujuan untuk camping, pilihan favorit para backpackers.

Camping di Pulau Seribu

● Pulau Semak Daun

destinasi wisata pulau pramuka

Pulau Semak Daun berada di wilayah administrasi Pulau Pramuka ini telah lama menjadi Destinasi Perkemahan di Pulau Seribu, bahkan setiap akhir pekan pulau ini selalu di padati oleh para backpacker yang mendirikan tenda untuk bermalam minimal satu malam. Pulau Semak Daun adalah sebuah pulau kecil yang tidak berpenghuni dengan luas keseluruhan lebih kurang 8 hektar, Pulau ini sudah tersedia pasokan listrik dan air bersih, tanpa fasilitas umum yang memadai hanya terdapat toilet umum dan satu warung saja yang menjual makanan dan minuman ringan. Pulau Semak Daun hanya berjarak setengah jam perjalanan dari Pulau Pramuka dengan menggunakan perahu nelayan. Pulau ini juga mempunyai satu buah dermaga kecil untuk kapal bersandar.

destinasi camping pulau pramuka aktivitas camping semak daun

Pulau dengan hamparan pasir putih di sepanjang garis pantainya, memiliki air yang jernih dan kehijauan. Pulau ini sudah sangat di kenal oleh para backpacker yang ingin camping dan mendirikan tenda di pulau ini, bila anda ingin bercamping di pulau ini terlebih dahulu harus membayar retribusi kepada petugas yang menjaga pulau ini. Keseruan camping di Pulau Semak Daun adalah udaranya yang sejuk, begitu bangun dan membuka pintu tenda hanya hamparan laut dengan pemandangan yang mempesonakan mata. Pulau semak daun juga di tumbuhi oleh pepohonan rimbun dan rindang yang membuat udara di sekitar pulau ini menjadi sejuk walaupun terik matahari di siang bolong.

Lokasi untuk mendirikan tenda di Pulau Semak Daun bisa di sepanjang pesisir pantai sambil menikmati pemandangan laut sekaligus langsung bisa berenang di pinggiran pantai tanpa harus berjalan kaki cukup jauh. Lokasi berikutnya di dalam pulau, di bawah pohon-pohon yang tumbuh di tengah pulau.

● Pulau Dolphin

destinasi wisata pulau harapan

Pulau Dolphin adalah salah satu spot camping tepi pantai terbaik di Kepulauan Seribu dengan pasirnya yang putih, dan kontur pantainya yang landai, termasuk incaran para Backpacker untuk bermalam dan mendirikan tenda (camping). Suasananya yang hening dan jauh dari hiruk pikuk keramaian, sangat cocok untuk mencari ketenangan di suatu tempat yang anda idam-adamkan. Jika ingin bermalam di pulau ini anda harus membawa perlengkapan yang lengkap dan bekal makanan sendiri. Sudah tersedia dermaga untuk sandar kapal, toilet dan warung penyedia makanan ringan. Juga tersedia pelengkap fasilitas wisata yaitu beberapa saung kayu yang cantik lengkap dengan kain penutup layaknya tenda prisma jika dilihat dari kejauhan.

Pulau yang dijuluki "Sang Perawan Pulau Seribu" ini benar-benar masih alami dan cantik. Pulau dengan luas hanya satu hektar saja merupakan pulau tak berpenghuni yang dikelilingi oleh pantai dengan pasir putih yang landai, airnya yang biru kehijau-hijauan sangat nikmat di pandang mata dan suasana pulau yang hening dan nyaman.

destinasi camping pulau harapan aktivitas camping pulau dolphin

Pulau Dolphin masuk ke dalam wilayah administrasi Pulau Harapan Kepulauan Seribu Utara, hanya 30 menit dari Pulau Harapan dengan perahu nelayan. Pulau yang di peruntukan untuk rekreasi dan pariwisata ini, saat Weekend (Sabtu-Minggu) benar-benar sarat dengan pengunjung yang singgah dari Pulau Harapan dan menjadi destinasi yang wajib untuk di kunjungi dalam aktivitas Wisata Pulau Harapan. Melepas penat selepas snorkeling, duduk atau bermain di pantainya yang landai. Pulau kosong tanpa penghuni yang dikelola oleh PT. Pembangunan Jaya Ancol ini, kini sudah tertata lebih apik dari sebelumnya.

Untuk bermalam atau mendirikan tenda (Camping) di Pulau Dolphin, anda harus melapor kepada petugas atau penjaga pulau ini di sertai membayar retribusi untuk biaya perawatan dan kebersihan pulau. Makanya bila anda berkunjung ke Pulau Dolphin selalu tampak bersih dan terawat. Lokasi untuk mendirikan tenda bisa di pinggir pulau atau agak menjorok sedikit ke dalam pulau.

● Pantai Pasir Perawan

destinasi wisata pulau pari

Pantai Pasir Perawan mempunyai air yang sangat jernih dengan warna gradasi hijau dan kebiruan yang sangat indah untuk di lihat. Pantai dengan pasir putih nan lembut dan juga air lautnya yang jernih tanpa ombak, karena banyak pohon Mangrove yang tumbuh di pesisir pantai tersebut. Menjadi destinasi favorit dan Iconnya Wisata Pulau Pari yang sangat terkenal. Rasanya belum lengkap kalau tidak berkunjung ke pantai ini apabila anda Wisata ke Pulau Pari.

destinasi wisata pulau pari

Untuk anda yang tidak ingin bermalam di homestay atau penginapan bisa mendirikan tenda untuk bermalam di pantai ini. Kebanyakan wisatawan yang mendirikan tenda atau bercamping adalah para Backpacker, dengan bermalam di tenda ada kesan dan suasana tersendiri yang pemandangannya langsung melihat ke pantai dan laut. Di Pulau Pari belum ada penyewaan tenda dan peralatannya, jadi anda harus membawa sendiri tenda dan peralatannya jika ingin mendirikan tenda atau camping di Pantai Pasir Perawan. Lokasi untuk mendirikan tenda ada di sisi timur dan barat pantai ini.

● Pulau Perak

destinasi wisata pulau harapan

Pulau Perak merupakan pulau tak berpenghuni, hanya di huni oleh penjaga pulau yang bergantian setiap harinya. Pulau Perak memiliki luasan area sekitar 3,6 hektar saja dan masuk kedalam administrasi wilayah Pulau Harapan Kepulauan Seribu Utara. Pulau yang di peruntukan kedalam zona area pariwisata dan rekreasi. Pulau perak sudah memiliki dermaga untuk bersandar kapal yang menyinggahi pulau ini. Pulau tanpa fasilitas seperti listrik maupun fasilitas umum lainnya.

destinasi camping pulau harapan aktivitas camping pulau perak

Pulau Perak adalah salah satu pulau tujuan para backpacker di Kepulauan Seribu untuk Wisata Camping. Setiap Minggu apalagi saat weekend, bila anda berkunjung ke Pulau Perak banyak kita temukan tenda-tenda berdiri di pulau ini. Jika hendak Camping di Pulau Perak kita hanya cukup membayar retribusi kepada penjaga pulau dan belum ada penyewaan tenda camping, jadi anda harus bawa sendiri atau menyewa tenda di Pulau Harapan sebelum berangkat ke Pulau Perak.

Untuk menginap di Pulau Perak anda harus membawa persediaan makanan sendiri, walaupun sudah ada warung itu pun tidak menyediakan makanan, yang ada hanya makanan ringan seperti gorengan, mie instans, kopi seduhan dan air mineral.

● Pulau Sepa

destinasi wisata pulau seribu

Pulau Sepa adalah salah satu pulau yang indah dan cantik di gugusan Kepulauan Seribu. Di pulau ini pantai dan air lautnya sangat jernih. Pulau Sepa dianggap sebagai salah satu pulau yang paling indah di kepulauan seribu. Kontur pantai yang landai, membuat kita mudah mendirikan tenda di bawah pepohonan rindang. Pasir putih pantainya begitu halus dan terasa lembut begitu menjejakkan kaki di pantainya.

destinasi wisata pulau seribu aktivitas camping pulau sepa

Pulau Sepa, Lebih dikenal sebagai pulau dengan fasilitas resortnya. Ada bagian dan wilayah terpisah yang bisa kita manfaatkan untuk menginap tanpa cottage melainkan tenda dome. Tenda untuk camping bisa didirikan diantara pohon rindang dipinggir pantainya yang landai dengan pasirnya yang putih. Bayangan punya penginapan tidak jauh dari pantai benar-benar bisa tercipta disini.

Pulau Sepa merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Kepulauan Seribu, menikmati pemandangan dibawah lautnya dengan Snorkeling diseputaran pulau sepa yang cukup indah, sehingga Pulau Sepa mendapat julukan "Little Bali" The Paradise for Diver. Untuk mendirikan tenda atau camping di Pulau Sepa, anda cukup meminta izin kepada pengelola pulau ini tanpa di pungut biaya sepersen pun, asal tidak melewati pagar pembatas dengan area cottage atau resort.

Demikianlah Artikel yang singkat ini semoga bisa menjadi refrensi buat anda yang ingin mengadakan perjalanan wisata camping di Kepulauan Seribu, SEMOGA BERMANFAAT ...

Untuk wisatawan yang ingin mengadakan perjalanan Wisata ke Pulau Seribu bisa berangkat melalui 2 Dermaga yang ada di Jakarta yaitu Dermaga Kaliadem - Muara Angke Baru menggunakan transportasi Kapal Ferry dan Dermaga Marina Ancol Jakarta menggunakan transportasi Kapal Cepat/Speed Boat.

paket wisata open trip pulau pramuka paket wisata private trip pulau pramuka

Paket Wisata Pulau Seribu

(Klik Image Untuk Info Detail Paket)

paket wisata pulau harapan paket wisata pulau pramuka

paket wisata pulau pari paket wisata pulau tidung



trip satu hari pulau pramuka trip satu hari pulau harapan

trip satu hari pulau tidung trip satu hari pulau pari

Komentar

logo jelajah nusantara indonesia

Jelajah Nusantara. Layanan informasi dan reservasi untuk destinasi alam, Nusantara Indonesia.

Keberagaman destinasi, hayati, budaya dan aktivitas menjadi daya tarik wisata di Indonesia, persiapkan diri untuk menyambut panggilan alam Nusantara .

  083 149 300 500
  https://www.jelajah-nusantara.com

Destinasi Populer

Sunrise Bromo

Jeep Bromo