Bukit Kingkong Sunrise View Point Favorit Wisata Gunung Bromo

Bukit Kingkong Sunrise View Point Favorit Wisata Gunung Bromo

bukit kingkong sunrise point wisata gunung Bromo

Sunrise Point Bukit Kingkong - Buat wisatawan yang berkunjung Ke Bromo pastinya yang menjadi tujuan utama adalah menyaksikan Sunrise Bromo, banyak spot Sunrise yang bisa di jadikan tempat untuk melihat Sunrise Bromo di pagi hari sambil melihat pemandangan Gunung Bromo, Gunung Batok dan Gunung Semeru. Dari spot-spot tersebut salah satunya adalah Bukit Kingkong yang berada di wilayah Wonokitri, Tosari - Pasuruan.

Bukit kingkong adalah alternatif terbaik setelah Bukit Pananjakan 1 dan 2 jika ramai pengunjung, apalagi kapasitas di pananjakan sudah tidak bisa menampung pengunjung baik pada saat weekend dan liburan sekolah. Namun Bukit Kingkong tidak kalah menarik untuk dikunjungi walaupun tidak seluas dan selengkap fasilitasnya seperti di Pananjakan melihat Sunrise dan pemandangan Gunung Bromo dari sudut pandang yang berbeda tetapi masih menimbulkan kesan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Asal Usul Nama Bukit Kingkong

sunrise view point bukit kingkong wisata gunung bromo

Nama dari Bukit Kingkong ini sendiri sebenarnya adalah Bukit Kedaluh berasal dari bahasa sansekerta yang artinya adalah Pengharapan untuk tanah yang memberi kesuburan bagi wilayah tengger. Di beri nama Bukit Kingkong karena di ambil dari salah satu sisi bukit yang menonjol dan menyerupai seperti kepala kingkong, biar lebih familiar di beri nama "Bukit Kingkong".

Bukit Kingkong terletak di bawah Puncak Pananjakan 1 berjarak hanya 2,5 kilometer dari puncak Pananjakan dan akses untuk menuju ke Bukit Kingkong tidak terlalu menanjak. Bukit Kingkong Memiliki ketinggian 2700 mdpl di bawah Puncak Pananjakan dan wisatawan hanya perlu berjalan kaki 100-200 meter untuk menikmati pemandangan kaldera Bromo yang begitu luas dari Bukit Kingkong.

Akses untuk menuju ke Bukit kingkong yang terdekat adalah dari Wonokitri, Tosari - Pasuruan. Jalur lain bisa dari Malang melalui Tumpang dan dari arah Probolinggo dapat melalui Cemoro Lawang, Sukapura. Kendaraan yang biasa di pakai oleh para wisatawan adalah dengan menyewa jeep atau yang lebih di kenal dengan sebutan "Jeep Bromo".

paket wisata open trip dan private trip jelajah pulau

Fasilitas apa saja yang ada di Bukit Kingkong ?

Untuk Fasilitas memang tidak selengkap yang ada seperti di Pananjakan 1, tetapi perlahan-lahan sudah di bangun sarana dan prasarana seperti: tempat parkir bagi yang membawa sepeda motor atau mobil, tempat peristirahatan, Mushola, kamar mandi / toilet dan warung makanan serta toko suvenir di sepanjang jalan menuju area Spot Sunrise Bukit Kingkong. Saat ini bahkan jalan menuju Bukit Kingkong sudah di paving block dari pinggir jalan sampai ke area view Sunrise demi kenyamanan wisatawan. Intinya untuk fasilitas memang tidak selengkap di Pananjakan, tapi tidak mengurangi rasa penasaran wisatawan untuk menyaksikan terbitnya sang fajar di ufuk timur Bromo.

Kapan Waktu yang tepat berkunjung ke Bromo ?

Waktu terbaik untuk liburan ke Bromo adalah pada saat musim kemarau, karena pada saat itu cuaca sangat cerah dan anda lebih leluasa melihat keindahan Bromo dari semua destinasi yang ada di Bromo seperti : Kawah Bromo, Pura Luhur Poten, Pasir Berbisik, Savana dan Bukit Teletubbies. Weekday juga termasuk salah satu waktu yang tepat liburan ke Bromo, karena pada saat itu wisatawan yang berkunjung tidak seramai pada saat Weekend, Liburan Sekolah, Lebaran, Natal dan Tahun Baru. Anda dan rombongan lebih leluasa dan bebas serta tidak berdesakan dengan wisatawan yang lain untuk menikmati keseruan aktivitas wisata selama di Bromo.

sewa jeep wisata gunung bromo dari batu, malang, tumpang, pasuruan dan probolinggo

Komentar

logo jelajah nusantara indonesia

Jelajah Nusantara. Layanan informasi dan reservasi untuk destinasi alam, Nusantara Indonesia.

Keberagaman destinasi, hayati, budaya dan aktivitas menjadi daya tarik wisata di Indonesia, persiapkan diri untuk menyambut panggilan alam Nusantara .

  083 149 300 500
  https://www.jelajah-nusantara.com

Destinasi Populer

Sunrise Bromo

Jeep Bromo