Wisata Pulau Pari, Pantai Favorit Pilihan Wisatawan di Kepulauan Seribu

Wisata Pulau Pari, Pantai Favorit Pilihan Wisatawan di Kepulauan Seribu

wisata pantai dan bahari pulau pari kepulauan seribu jakarta

Wisata Pulau Pari Kepulauan Seribu adalah salah satu rekomendasi / pilihan terbaik untuk sebuah destinasi wisata liburan yang paling eksotis dan menyenangkan. Pulau Pari secara administratif berada di Kelurahan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Ibukota Pulau Pari berada di Pulau Lancang Besar.

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Pulau Pari

  • Salah satu pulau berpenduduk yang ada di Kepulauan Seribu Selatan, Jakarta
  • Pulau dengan luasan 41,32 hektar
  • Untuk berjalan keliling pulau, Anda hanya perlu bersepeda
  • Dikenal juga sebagai pulau yang memiliki pantai cantik dan keren
  • Sekarang ini jadi tujuan wisata favorit di Kepulauan Seribu, Jakarta.
Open Trip Kepulauan Seribu


Pulau Pari memiliki pantai yang sangat cantik dan indah. Selain itu, pulau ini juga menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Kepulauan Seribu, terutama bagi warga Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek) karena jaraknya yang paling dekat dari kota Jakarta hanya butuh waktu 2 Jam perjalanan laut dari dermaga Muara Angke dan 45 menit dari dermaga Marina Ancol Jakarta.

Wisata Pulau Pari tidak hanya dikunjungi oleh warga JABODETABEK saja, tapi juga datang dari daerah lain seperti, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan bahkan dari luar Pulau Jawa. Sehingganya setiap akhir pekan (Weekend) dan musim liburan, pulau ini selalu ramai oleh wisatawan yang menginginkan liburan dengan suasana santai ala pantai.

Ini yang menjadi salah satu alasan dari banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh Pulau Pari. Masih banyak kelebihan dan daya tarik dari pulau ini yang akan kami informasikan kepada wisatawan dalam artikel ini.

Wisata Pantai dan Bahari di Pulau Pari

pantai pasir perawan wisata pulau pari kepulauan seribu selatan
Pulau Pari, mulai dikenal tahun 2011 oleh wisatawan yang berlibur ke Pulau Seribu karena keindahan pantai dan biota bawah laut yang dimilikinya dan tidak heran jika saat ini jadi wisata paling populer dan terbaik.

Pulau Pari memiliki luas 41,32 hektar, salah satu pulau berpenduduk yang ada di Kepulauan Seribu Jakarta seperti Pulau Tidung, Pulau Harapan, Pulau Kelapa dan Pulau Pramuka. Pulau-pulau tersebut adalah pulau tujuan wisata di Kepulauan Seribu dan setiap pulau wisata ini memiliki daya tarik dan kelebihan masing masing.

Pulau Pari jika dilihat dari udara memiliki bentuk seperti ikan pari, mungkin karena itu diberi nama Pulau Pari. Selain itu pulau ini juga memiliki pantai cantik dan alami yang masih terjaga hingga kini kealamiannya.

Berikut rekomendasi beberapa destinasi yang wajib anda kunjungi saat wisata ke Pulau Pari :

1# Pantai Pasir Perawan, Tujuan Favorit Wisatawan ke Pulau Pari

destinasi wisata pantai pulau pari kepulauan seribu jakartaPantai Pasir Perawan, pantai yang sangat populer di Kepulauan Seribu Jakarta dan jadi iconnya Wisata Pulau Pari. Pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap akhir pekan dan pada musim liburan.

Pantai Pasir Perawan adalah pantai yang sudah cukup dikenal dan sangat populer di Kepulauan Seribu. Pantai cantik yang satu ini memiliki hamparan pasir putih dan lembut saat diinjak walaupun tanpa alas kaki, airnya yang jernih hijau kebiru-biruan dan memiliki garis pantai landai yang memanjang dari utara hingga selatan. Ombaknya juga cukup tenang dan kecil baik pada saat air laut pasang.

Saat berada di kawasan pantai, ada banyak keseruan aktivitas yang bisa Anda lakukan, mulai dari berenang, bermain pasir dan pantai ini sangat ramah bagi anak-anak, mereka bisa berenang di tempat yang telah disediakan bagi anak-anak dan tentunya juga harus dalam pengawasan orang tuanya.

Di tengah pantai terdapat gundukan pasir yang cukup luas bentuknya seperti pulau kecil, disini anda bisa bermain ayunan serta duduk-duduk disaung yang telah tersedia dan terdapat juga patung ikan pari yang digantung pada 4 tiang besi, dilokasi ini anda juga bisa mengambil foto yang Instagramble tentunya.

Aktivitas lain adalah bermain kano yang bisa disewa ke petugas pantai, naik perahu mengelilingi pantai dan hutan manggrove yang ada disekitar pantai ini, bermain sepakbola pantai dan bola volley di pinggir pantai, jalan-jalan menyusuri tepian pantai, duduk santai melihat pemandangan dibawah pohon tepi pantai, menyaksikan matahari tenggelan (Sunset) disebelah barat pantai serta camping di sebelah timur dan barat Pantai Pasir Perawan.

Untuk menuju ke Pantai Pasir Perawan anda bisa bersepeda yaitu dengan sewa sepeda yang tersedia banyak penyewaan di pulau ini. Selama perjalanan menuju ke Pantai Pasir Perawan anda akan melewati rumah-rumah penduduk disisi kanan dan kiri jalan, jalanan yang anda lalui sudah di conblock dan sangat nyaman bersepeda sambil mengambil dokumentasi selama dalam perjalanan hingga sampai ke pantai ini.

Saat akan memasuki Pantai Pasir Perawan anda perlu membayar tiket sebesar Rp.5.000/orang. Sama halnya dengan sepeda, jika anda menggunakan paket wisata seperti Open Trip, Private Trip dan One Day Trip, maka anda tidak perlu membayar tiket masuk lagi. Untuk pengunjung yang akan camping, anda harus membayar biaya sewa lahan yaitu Rp15.000/tenda.

2# Pantai Bintang, Destinasi Wisata Mencari Ketenangan di Pulau Pari

pantai bintang wisata pulau pari kepulauan seribu selatan jakartaPantai Bintang, bisa jadi pilihan bagi anda yang menginginkan ketenangan, jauh dari hiruk-pikuk keramaian dan bersantai ala pantai. Sepanjang pantainya ditumbuhi pohon pinus yang rindang dan berhawa sejuk.

Pantai Bintang berada di sebelah barat Pulau Pari, jaraknya dari dermaga lebih kurang 400 meter, bisa ditempuh dengan bersepeda. Saat bersepeda menuju ke pantai ini, Anda akan melewati pepohonan yang lebat dan rindang, jalanan yang dilalui juga sudah di Conblock. Sepanjang pantai ini banyak ditumbuhi pohon-pohon pinus yang bisa anda gunakan untuk berteduh dari terik sinar matahari di siang hari.

Pemberian nama Pantai Bintang karena banyaknya Bintang Laut sekitar kawasan pantai. Waktu terbaik jika ingin berkunjung ke pantai ini, yakni saat pagi hari karena air laut sedang pasang, sehingga Anda bisa melihat bintang laut secara lebih jelas, saat sore hari ketika air laut sedang surut tentunya akan sulit menemukannya.

Jika anda ingin merasakan liburan yang benar-benar sepi dan tenang jauh dari hiruk-pikuk keramaian, Pantai Bintang sangat tepat untuk anda jadikan tempat liburan yang menyenangkan, sekaligus menenangkan hati dan fikiran. Anda bisa datang pada pagi hari, dimana suasananya belum ramai dan hawanya masih sejuk. Anda bisa merebahkan badan di hamcock yang di gantung pada pepohonan di pinggir pantai ini sambil menikmati udara pagi yang masih sejuk dan suasana yang benar-benar tenang dan sepi.

Pada sore hari menjelang malam, wisatawan bisa menyaksikan matahari tenggelam (Sunset) dari Pantai Bintang. Jangan lupa untuk membawa kamera guna mengabadikan Sang Surya yang kembali keperaduannya dan tentunya ini sebagai kenang-kenangan yang tak terlupakan dari perjalanan wisata ke Pulau Pari, khususnya di Pantai Bintang.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Bintang memang tidak selengkap seperti di Pantai Pasir Perawan, fasilitas yang tersedia yaitu toilet, area parkir sepeda, warung makanan dan minuman, bale-bale untuk santai, bangku dari kayu untuk nongkrong dan Hamcock untuk tidur-tiduran serta ayunan yang di gantungkan ke pohon. Terdapat juga patung atau tugu Bintang Laut yang biasanya digunakan sebagai background untuk foto-foto oleh pengunjung.

Pantai Bintang secara swadaya dikelola oleh masyarakat sekitar. Harga tiket masuk ke pantai ini cukup murah yaitu Rp2.500/orang sebagai biaya kebersihan dan perawatan. Makanya jika anda berkunjung ke pantai ini tampak selalu bersih dan rapi. Sedangkan Jam buka dari pantai ini yaitu dari Jam 08.00 hingga Jam 18.00 WIB.

3# Pantai LIPI, Pantai Cantik Yang Belum Banyak Dikenal Wisatawan

pantai lipi wisata pulau pari kepulauan seribu selatan jakartaPantai yang masih alami, pasirnya berwarna putih, airnya jernih, ombaknya kecil dan arusnya tenang. Sangat disayangkan pantai ini belum banyak dikenal oleh wisatawan yang datang berlibur ke Wisata Pulau Pari.

Pantai LIPI di Pulau Pari ini lokasinya tidak jauh dan bersebelahan dengan Pantai Bintang. Pantai ini memang dikelola oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) sebagai salah satu pusat penelitian Oceanografi di Indonesia. Pantai ini dijadikan tempat konservasi dan penelitian serta kajian berbagai biota dan tanaman laut.

Wisatawan yang datang ke Pulau Pari masih diperbolehkan memasuki kawasan pantai ini. Pantai LIPI memiliki pasir putih dan halus, airnya jernih, ombaknya kecil dan arusnya tenang. Pantai ini bisa juga dijadikan tempat untuk Hunting Sunset di sore hari.

Sama halnya dengan Pantai Bintang, suasana di pantai ini sepi dan tenang, jangan berharap juga untuk bisa berenang karena kedalaman airnya dangkal hanya sebatas lutut jika air laut sedang pasang, jika ingin berenang anda harus menuju ke tengah. Bila anda berkunjung ke tempat ini tidak ada biaya tiket masuk dan fasilitas yang dimilki pantai ini sangat minim tidak seperti di pantai Pulau Pari yang lain.

4# Pantai Pasir Kresek, Bersantai dan Mencari Ketenangan

pantai pasir kresek wisata pulau pari kepulauan seribu jakartaTidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Pasir Kresek ini karena areanya tidak terlalu luas. Bisa sebagai tempat mencari ketenangan dan bersantai atau menikmati pemandangan laut sambil mengobrol.

Pantai Pasir Kresek, Nama Kresek tersebut bukanlah nama kantong plastik yang biasa dipakai untuk membawa barang. Namun nama Kresek adalah singkatan dari keren dan seksi. Jika mengunjungi pantai tersebut, anda bisa menikmati pemandangan pantai cantik dan menawan dari bawah naungan pohon pinus serta pohon kelapa.

Namun anda jangan berharap bisa berenang di pantai ini karena kedalaman pantainya landai dan sangat sulit mencari area yang dalam untuk berenang. Pasirnya berwarna putih kecoklatan dan garis pantai yang tidak terlalu panjang.

Pantai Pasir Kresek memiliki penangkaran hewan langka yang dilindungi seperti Penyu, Ikan Pari dari berbagai jenis dan spesies, Bulu babi dan Bintang Laut. Penangkaran ini dikelola seadanya oleh warga lokal dan lebih mirip keramba seperti yang ada di sungai. Namun sayang penangkaran penyu di pantai ini sudah ditutup.

Pantai ini cukup bersih, karena setiap pagi selalu disapu dan dibersihkan oleh warga. Harga tiket masuk Pantai Pasir Kresek ini termasuk murah yakni Rp2.000. Sebetulnya ini hanya donasi untuk warga yang mengelola pantai ini, tidak salah juga jika anda membayar lebih supaya pantai ini selalu terjaga kebersihannya.

5#Pantai Tanjung Rengge, Surga di Ujung Timur Pulau Pari

pantai tanjung rengge wisata pulau pari kepulauan seribu jakartaPantai di Pulau Pari hampir semua pasirnya berwarna putih, airnya sangat jernih, ombak dan arusnya tenang.

Pantai Tanjung Rengge ini belum banyak dikenal dan sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan, lokasinya berada di bagian timur Pulau Pari. Namun pantai ini masih alami, pasirnya berwarna putih, airnya pun jernih, ombaknya kecil dan arusnya cukup tenang serta garis pantainya sedikit landai.

Untuk menuju ke pantai ini, anda harus bersepeda dari homestay tempat anda menginap. Pantai ini bisa juga sebagai tempat menyaksikan matahari terbit, tentunya anda harus datang pagi-pagi sekali jika tidak ingin ketinggalan menikmati indahnya Sunrise.

Yang lebih seru dan mengasyikan ketika menuju ke pantai ini adalah dengan melewati jalanan tanah dan padang ilalang yang terdapat di sepanjang jalan menuju pantai. Selama dalam perjalanan banyak spot-spot foto keren yang bisa anda abadikan sambil naik sepeda, apalagi setelah sampai di Pantai Tanjung Rengge ini.

6#Bukit Matahari, Spot Sunrise dan Sunset Wisata Pulau Pari

bukit matahari wisata pulau pari kepulauan seribu jakartaSpot Sunrise dan Sunset Pulau Pari paling ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan dan musim liburan.

Bukit Matahari adalah satu satu destinasi yang cukup populer untuk menyaksikan matahari terbit di Pulau Pari. Lokasinya tidak jauh dari dermaga, lebih tepat ada di seberang dermaga. Tempat ini selalu ramai setiap paginya oleh wisatawan yang ingin berburu matahari terbit (Hunting Sunrise).

Anda hanya perlu bersepeda atau jalan kaki sambil menikmati udara sejuk di pagi hari dari tempat anda menginap. Tidak ada tiket masuk dan fasilitas layaknya seperti tempat wisata lainnya.

Lokasinya berupa lahan kosong yang memanjang, tananya ditumbuhi rumput dan pohon pinus yang tumbuh berjajar dilokasi ini. Tidak ada cerita yang jelas dari warga lokal mengapa diberi nama Bukit Matahari. Mungkin karena ada gundukan tanah yang lebih tinggi dilokasi ini dan terdapat bongkahan batu yang dipakai untuk duduk-duduk sambil menikmati kemunculan Sang Mentari di ufuk timur.

Bukit Matahari bukan hanya sebagai tempat untuk berburu matahari terbit, tapi bisa sebagai tempat menikmati sang surya kembali keperaduannya di sore hari (Sunset). Bahkan pada malam hari bisa untuk acara bakar-bakar ikan sambil melihat bulan. Tempat ini juga terdapat spot memancing yang dimanfaatkan oleh warga lokal dan wisatawan untuk memancing ikan.

Daya Tarik dan Keseruan Wisata Pulau Pari

1#. Snorkeling, Melihat Keindahan Terumbu Karang dan Biota Laut

aktivitas snorkeling wisata pulau pari kepulauan seribu jakartaKeindahan terumbu karang dan biota bawah laut Pulau Pari yang masih alami dan terjaga sampai sekarang adalah salah satu daya tarik semakin banyaknya kunjungan wisata ke pulau ini.

Snorkeling adalah salah satu kegiatan seru yang tidak bisa anda tinggalkan saat mengunjungi Pulau Pari, yakni dengan menyelam dan melihat keindahan bawah lautnya. Sebelumnya Anda harus menggunakan perahu motor untuk menuju spot snorkeling di pulau ini. Jika Anda menggunakan jasa travel atau paket wisata, maka biaya untuk sewa peralatan snorkeling serta biaya perahu motor sudah termasuk ke dalam fasilitas yang akan dapatkan.

Spot snorkeling Pulau Pari yang sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Spot Snorkeling APL (Area Perlindungan Laut), lebih kurang 30 menit untuk sampai ke lokasi ini dari dermaga. Spot ini memiliki kedalaman yang beragam, dari yang dangkal hingga kedalaman 3 sampai 5 meter.

Tentunya Anda juga harus pandai berenang untuk mengeksplor keindahanan bawah lautnya tanpa jaket pelampung. Namun pastikan anda juga harus berhati-hati, sebab terumbu karangnya cukup tajam, bahkan tidak sedikit wisatawan yang mengalami luka saat terkena terumbu karang. Apalagi jika terkena bulu babi yang menyebabkan kulit anda bisa gatal dan membengkak.

Selama melakukan aktivitas snorkeling, anda akan selalu diawasi oleh pemandu wisata yang menemani aktivitas ini berlangsung. Jika anda tidak bisa berenang sebaiknya memakai jaket pelampung demi keselamatan dan jika ingin belajar berenang atau menyelam yang baik pemandu wisata dengan senang hati akan mengajari cara berenang dan menyelam yang baik kepda anda. Jangan lupa untuk memberi tips jika anda puas dengan pelayanan pemandu wisata tersebut.

2#. Bersepeda Keliling Pulau Pari

sepeda keliling wisata pulau pari kepulauan seribu jakartaSepeda adalah alat transportasi yang memudahkan wisatawan menjelajahi keindahan alam di Pulau Pari.

Bersepeda selama di Pulau Pari adalah cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengelilingi pulau maupun mengunjungi objek wisata lainnya. Anda bisa bersepeda sembari menikmati indahnya alam pulau ini yang masih alami.

Cukup banyak penyewaan sepeda yang tersedia di pulau ini, harga sewa sepeda adalah Rp20.000/hari. Namun jika anda menggunakan jasa travel atau paket wisata, ini sudah termasuk kedalam fasilitas yang anda dapatkan.

3#. Watersport, Menambah Keseruan Liburan di Pulau Pari

banana boat watersport wisata pulau pari kepulauan seribu jakartaBanana Boat merupakan water sport yang jadi permainan air menantang dan memacu adrenalin wisatawan.

Berlibur ke daerah pantai atau laut rasanya kurang lengkap jika tidak melakukan aktivitas permainan air. Wahana seru permainan air bila anda wisata ke Pulau Pari salah satunya adalah Banana Boat.

Anda dan peserta lainnya akan ditarik dengan menggunakan speedboat, kemudian diajak berkeliling dilaut dan pada saat berbelok semua penumpang akan terhempas jatuh ke laut, tentu ini keseruan yang akan dapatkan saat mengikuti wahana ini.

Lokasi untuk mengikuti wahana ini ada di luar area dermaga Pulau pari, harga sewanya sangat terjangkau yaitu Rp35.000/orang untuk sekali jalan. Tentunya ini patut dicoba untuk menguji adrenalin anda yang pastinya seru dan menyenangkan.

4. Hunting Foto Instagramable di Spot-Spot Keren Wisata Pulau Pari

spot foto instagramable wisata pulau pari kepulauan seribu jakartaSangat banyak spot-spot keren yang bisa anda explore di Pulau Pari untuk hasil foto dan video terbaik mulai dari pantai, laut, sunrise dan sunset serta keindahan alam yang lain dari destinasi wisata pulau ini.

Satu hal lagi yang tidak boleh Anda lewatkan, yakni hunting foto-foto keren. Selanjutnya hasil dari foto-foto tersebut bisa Anda posting pada laman media sosial yang Anda miliki. Jika hasilnya bagus tentu ini jadi kepuasan tersendiri bagi anda.

Banyak wisatawan yang berkunjung dan mengabadikan saat snorkeling, bermain di kawasan pantai, moment-moment saat sunrise dan sunset, hingga ketika bersepeda mengelilingi pulau serta masih lagi moment yang bisa anda abadikan untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan yang tak terlupakan.

Jam Buka

Pulau ini merupakan pulau berpenduduk, untuk itu tidak memiliki patokan waktu khusus untuk berkunjung layaknya objek wisata lainnya. Sehingga akan lebih mudah untuk mengunjungi pulau ini kapan saja. Namun, Anda perlu mengetahui jadwal keberangkatan maupun kepulangan kapal laut dari Jakarta ke Pulau Pari dan begitu pula sebaliknya.

Tiket Masuk

Sebenarnya tidak ada patokan khusus terkait harga tiket masuk maupun retribusi ke Pulau ini. Namun jika ingin lebih nyaman saat berkunjung, akan lebih baik memanfaatkan jasa travel atau paket wisata seperti Open Trip, Private Trip maupun One Day Trip Pulau Pari. Biasanya biaya yang ditawarkan sudah termasuk transportasi kapal laut, Homestay, Makan selama wisata, sepeda dan tiket masuk ke suatu destinasi yang dikunjungi dan masih banyak lagi.

Fasilitas Wisata Pulau Pari

Fasilitas penunjang wisata yang ada di Pulau Pari sudah sangat lengkap, mulai dari kapal laut penyeberangan, dermaga, penginapan atau homestay, warung makanan dan minuman, tempat ibadah, alat transportasi seperti sepeda, jalanan di area permukiman penduduk yang sudah di conblock dan masih banyak lagi.

Rute Menuju Pulau Pari

Untuk Berlibur ke Pulau Pari, anda bisa mengakses dari dua dermaga yang ada di Jakarta yaitu :

kapal ferry dermaga kaliadem muara angke jakartaKapal Ferry tujuan Kepulauan Seribu dari Dermaga Kaliadem. Kapasitas penumpang maksimal 200 orang

1. Dermaga Kaliadem yang ada di daerah Muara Angke, perjalanan menggunakan transportasi Kapal Ferry Kayu atau Ojek sebutan oleh penduduk Kepulauan Seribu. Waktu yang ditempuh selama perjalanan laut adalah 2 Jam. Jam keberangkatan hanya satu kali sehari tujuan ke Pulau Pari yaitu Jam 08.00 WIB. Harga tiket kapal ke Pulau Pari adalah Rp77.000/orang.


speed boat dermaga marina ancol jakartaSpeedboat atau Kapal Cepat tujuan Kepulauan Seribu dari Dermaga Marina Ancol Jakarta.

2. Dermaga Marina Ancol yang masih satu lokasi dengan Taman Impian jaya Ancol Jakarta, perjalanan menggunakan Kapal Cepat atau Speedboat. Waktu yang ditempuh selama perjalanan laut adalah 45 menit. Hanya satu kali sehari keberangkatan tujuan ke Pulau Pari yaitu Jam 08.00 WIB. Harga tiket speedboat Rp190.000/orang untuk sekali jalan saat Weekend dan Rp160.000/orang untuk sekali jalan, saat Weekday atau hari kerja.

Ternyata untuk bisa menikmati liburan seru dengan suasana alam yang alami terutama pantai dan laut, tidak perlu jauh-jauh sampai keluar kota atau daerah lain khususnya bagi warga Jakarta dan Sekitarnya. Anda hanya perlu mengunjungi Pulau Pari dengan lokasi tidak jauh dari Ibukota.

Anda bisa mengakses jelajah-nusantara.com bila ingin liburan ke Pulau Seribu Jakarta. Jelajah Nusantara menawarkan layanan informasi maupun reservasi destinasi wisata alam. Untuk itu, persiapkan diri Anda untuk bisa menyambut panggilan alam.

Fasilitas Paket Wisata Open Trip Pulau Pari 2 hari 1 malam

  • Tiket Kapal Kaliadem - Pulau Pari PP
  • Asuransi Jasa Raharja dari tiket kapal
  • Homestay AC 1 malam
  • Makan 3 kali dan Mineral Galon di Homestay
  • Barbeque 1 kali
  • Kapal Jelajah Pulau dan Snorkeling
  • Snorkeling dan Peralatannya
  • Dokumentasi Underwater
  • Pemandu Wisata / Guide
  • Sepeda untuk keliling Pulau Pari
Detail! Kontak
harga sewa jeep wisata gunung bromo dari batu, malang, tumpang, pasuruan dan probolinggo

Komentar

logo jelajah nusantara indonesia

Jelajah Nusantara. Layanan informasi dan reservasi untuk destinasi alam, Nusantara Indonesia.

Keberagaman destinasi, hayati, budaya dan aktivitas menjadi daya tarik wisata di Indonesia, persiapkan diri untuk menyambut panggilan alam Nusantara .

  083 149 300 500
  https://www.jelajah-nusantara.com

Destinasi Populer

Sunrise Bromo

Jeep Bromo