Wisata Pulau Pramuka Kepulauan Seribu Utara

Wisata Pulau Pramuka Kepulauan Seribu Utara

paket wisata pulau pramuka

Wisata Pulau Pramuka Kepulauan Seribu - Pulau Pramuka adalah Pusat Pemerintahan wilayah Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu yang di fungsikan sejak tahun 2003. Terdapat dua Kecamatan di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yakni Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Pulau Pramuka termasuk ke dalam Kecamatan Kepulauan seribu Utara dan berada dalam wilayah Kelurahan Pulau Panggang. Kecamatan Kepulauan Seribu Utara membawahi tiga Kelurahan yaitu Kelurahan Pulau Kelapa, Kelurahan Pulau Harapan, dan Kelurahan Pulau Panggang. Sedangkan Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan membawahi tiga Kelurahan yaitu Kelurahan Pulau Tidung, Kelurahan Pulau Pari, dan Kelurahan Pulau Untung Jawa. Sebelum menjadi Kabupaten, wilayah Kepulauan Seribu merupakan salah satu Kecamatan di Kotamadya Administrasi Jakarta Utara.

paket wisata open trip pulau pramuka 2 hari 1 malam kepulauan seribu utara

Sekilas Tentang Pulau Pramuka

Pada era Orde Lama pulau ini bernama Pulau Lang/Elang, karena pada saat itu terdapat banyak Burung Elang Bondol yang sekarang dikenal sebagai Lambang Daerah Khusus Ibu kota (DKI) Jakarta. Elang-elang itu hilang seiring pembersihan Pulau untuk dijadikan Perkampungan. Asal usul nama Pulau Pramuka didapatkan karena adanya kegiatan Kepramukaan. Sebelum adanya Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur di Jakarta, pihak Kepramukaan sering melakukan Kegiatan dan Pelatihan sehingga mengirim anggotanya ke Pulau ini.

paket wisata private trip pulau pramuka 3 hari 2 malam kepulauan seribu utara

Masyarakat yang mendiami Pulau Pramuka sebagian besar adalah etnis Betawi, Bugis, Banten, Madura, dan Minangkabau. 99,8% penduduk tetap Pulau Pramuka beragama Islam, 0,2% beragama Katolik dan lainnya. Tata tempat tinggal dan sanitasi di Pulau Pramuka cukup baik. Sarana Prasarana cukup memadai, mulai dari Masjid, Rumah Sakit, Kantor Pos, Sekolah, Dermaga, TPI (Tempat Pelelangan Ikan), Villa dan Penginapan bagi Wisatawan. Sarana pendidikan di Pulau Pramuka cukup baik. Terdapat 4 buah Taman Kanak-kanak (TK) dan PAUD, satu buah SD, satu buah Madrasah Diniyah, satu buah SMP, satu buah MTs, dan satu buah SMA. Total terdapat 9 Sarana Pendidikan berjenjang.

paket wisata private trip pulau pramuka 3 hari 2 malam kepulauan seribu utara

Di wilayah Kepulauan Seribu tepatnya di Pulau Pramuka terdapat pula sebuah Zona Konservasi berupa Taman Nasional Laut bernama Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu (TNKS). Sebagai daerah yang sebagian besar wilayahnya merupakan perairan dan di dalamnya juga terdapat Zona Konservasi, maka tidaklah mengherankan bilamana Pengembangan Wilayah Kabupaten ini lebih ditekankan pada Pengembangan Budidaya Laut dan Pariwisata. Dua sektor ini diharapkan menjadi Prime-mover Pembangunan masyarakat dan wilayah Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu.

Wisata di Pulau Pramuka


paket wisata open trip pulau pramuka 2 hari 1 malam kepulauan seribu utara

Wisata Pulau Pramuka memiliki Pantai berpasir putih dan ombak yang tenang, garis Pantainya yang lebih panjang sehingga terlihat lebih menawan. Kelebihan Pulau Pramuka di bandingkan dengan Pulau lainya adalah adanya Ekowisata dan Wisata Edukasi berupa Area Konservasi Mangrove yang ada di belakang Pulau, tempat Penangkaran Penyu Sisik dan Hiu. Ini menjadi daya tarik tersendiri karena memberikan Pelajaran kepada kita tentang Perlindungan dan Pembiakan terhadap Hewan Langka yang perlu di lindungi dan di lestarikan sehingga tidak hanya tinggal namanya saja.

paket wisata private trip pulau pramuka 2 hari 1 malam kepulauan seribu utara
Wisatawan yang berkunjung ke Pulau Pramuka juga dapat menikmati Wisata Kuliner khas Kepulauan seribu dengan berbagai jenis makanan sambil merasakan sensasi dengan makan di atas Permukaan Air Laut dengan adanya Rumah Makan terapung di dekat tempat Penangkaran Hiu. Ada juga Wahana Permainan Air dan Water sport seperti Kano, Banana boat dan Donat boat. Bisa juga bersepeda keliling Pulau yang bisa di sewa ke Penduduk dengan harga sewa 15.000 untuk satu hari.

paket wisata open trip pulau pramuka 2 hari 1 malam kepulauan seribu utara

Aktifitas utama liburan di Pulau Pramuka adalah mengunjungi Pulau-pulau di sekitarnya seperti Pulau Semak Daun dan Pulau Gosong Patrick serta Pulau Air sambil menjelajahi Kawasan Perairan di sekitarnya dengan Diving dan Snorkeling dengan spot-spot Taman Bawah Laut yang sangat mempesona di tambah lagi Terumbu Karangnya yang masih alami serta jenis Ikan dan Binatang Laut lainnya yang sayang untuk di lewatkan . Bagi yang hobby memancing di sediakan juga spot-spot untuk memancing di tempat yang banyak Ikannya.
Keindahan yang tidak boleh di lewatkan selama di Pulau Pramuka adalah saat Fajar akan datang dan saat Fajar kembali ke Peraduannya yaitu Sunrise dan Sunset yang dapat di lihat akan Keindahan yang di timbulkannya.

paket wisata private trip pulau pramuka 3 hari 2 malam kepulauan seribu utara

Di samping itu bagi yang berjiwa backpacker dan ingin lebih dekat dengan alam biasanya lebih memilih Camping dengan mendirikan tenda di sekitar lokasi wisata, jika itu yang menjadi pilihan biasanya akan camping di Pulau air, pulau yang tidak berpenghuni dan terbagi dua ini memiliki pemandangan yang sangat luar biasa. Saat melintasi perairan yang di belah oleh dua daratan tersaji pemandangan yang sangat mempesona dengan air laut yang jernih tanpa ombak seolah-olah sedang melintasi sungai.

paket wisata open trip pulau pramuka 2 hari 1 malam kepulauan seribu utara

Untuk menuju ke Pulau ini bisa ditempuh dengan menggunakan Kapal Ferry dari Dermaga Kaliadem Muara Angke Baru Kelurahan Kapuk Muara dan dengan Speed Boat dari Dermaga Marina Acol Di Komplek Taman Impian Jaya Ancol Jakarta Utara.
Itulah sedikit Gambaran dan Penjelasan tentang Pulau Pramuka semoga bisa menambah Wawasan dan semoga bermanfaat bagi yang membaca artikel singkat ini.

paket open trip pulau pramuka kepulauan seribu utara paket private trip pulau pramuka kepulauan seribu utara

Paket Open Trip dan Private Trip Pulau Seribu

paket open trip pulau pramuka 2 hari 1 malam paket open trip pulau pari 2 hari 1 malam paket open trip pulau tidung 2 hari 1 malam paket open trip pulau harapan 2 hari 1 malam

Paket One Day Tour Pulau Seribu

paket open trip satu hari pulau harapan paket open trip satu hari pulau pari paket open trip satu hari pulau pramuka paket open trip satu hari pulau tidung

Komentar

logo jelajah nusantara indonesia

Jelajah Nusantara. Layanan informasi dan reservasi untuk destinasi alam, Nusantara Indonesia.

Keberagaman destinasi, hayati, budaya dan aktivitas menjadi daya tarik wisata di Indonesia, persiapkan diri untuk menyambut panggilan alam Nusantara .

  083 149 300 500
  https://www.jelajah-nusantara.com

Destinasi Populer

Sunrise Bromo

Jeep Bromo