5 Destinasi Wisata Pulau Pramuka Yang Wajib Dikunjungi Oleh Wisatawan Pulau Seribu

5 Destinasi Wisata Pulau Pramuka Yang Wajib Dikunjungi Oleh Wisatawan Pulau Seribu

destinasi wisata pulau pramuka kepulauan seribu utara

Bila Anda menginginkan liburan yang santai, seru dan mengasyikkan, Pulau Pramuka bisa menjadi rekomendasi paling tepat untuk anda yang ingin berlibur menikmati panorama alam dan keindahan pantai yang masih bersih dan masih terjaga kealamiannya. Bukan hanya laut, pantai, pasir putih, biota bawah laut serta terumbu karang yang menawan serta keramah-tamahan penduduknya menyambut dan memberikan pelayanan bagi wisatawan yang berkunjung, sehingga wisatawan merasa nyaman dan aman selama Wisata di Pulau Pramuka. Tidak perlu harus jauh sampai ke Bali atau Lombok untuk menikmati wisata yang asyik dan seru, pilihan terbaik ada di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu jakarta.

Wisata Pulau Pramuka

wisata pulau pramuka kepulauan seribu

Wisata Pulau Pramuka - Pulau Pramuka merupakan pulau yang ada wilayah Kabubaten Administratif Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka dengan luas 16 hektar ada di Kelurahan Pulau Panggang masuk kedalam Kecamatan Kepulauan Seribu Utara dan menjadi Pusat Pemerintahan Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu. Perkembangan Wisata di Pulau Pramuka sangat pesat sekali dengan di bangunnya Fasilitas dan Infrastruktur oleh Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Bahkan Pulau Pramuka Menjadi Tujuan Wisata favorit oleh Warga Ibukota Jakarta dan sekitarnya. Tidak hanya wisatawan lokal bahkan wisatawan mancanegara menjadikan objek wisata yang wajib di kunjungi bila berwisata ke Pulau Seribu.

Aktivitas Wisata Pulau Pramuka

destinasi wisata pulau pramuka aktivitas wisata pulau pramuka

Pulau Pramuka bukan hanya menjadi tujuan wisata favorit karena pesona dan keindahan alam serta pantainya, masih banyak lagi aktivitas wisata yang bisa anda jadikan kegiatan yang seru dan menyenangkan untuk mengisi liburan anda dan keluarga. Aktivitas wisata yang menarik adalah berenang, bermain air, memancing, jelajah pulau (Hopping Island) atau menyinggahi beberapa pulau kecil dalam satu waktu serta menikmati sunrise dan Sunset. Bagi anda yang suka dengan keseruan petualangan bawah laut ada aktivitas snorkeling dan diving, menyaksikan terumbu karang yang masih alami serta ikan-ikan hias yang pastinya bisa memuaskan mata anda.

paket open trip pulau pramuka paket private trip pulau pramuka

Destinasi Wisata Favorit di Pulau Pramuka

Explore Pulau Pramuka - Selain aktivitas wisata ada Destinasi Wisata yang wajib anda kunjungi selama di Pulau Pramuka agar membawa kesan dan pelajaran serta pengalaman menarik yang bisa anda ceritakan kepada teman, sahabat dan keluarga tentunya.

#1. Taman Nasional Kepulauan Seribu.

objek wisata pulau pramuka taman nasional kepulauan seribu pulau pramuka

Taman Nasional Kepulauan Seribu adalah Iconnnya Pulau Pramuka. Di Taman Nasioanal ini terdapat Jembatan sepanjang 500 meter membentang di atas permukaan laut di kelilingi oleh tanaman mangrove yang hijau dan tumbuh subur di sekitar jembatan tersebut. Jembatan ini nantinya akan menjadi Labirin bagi tanaman mangrove yang tumbuh subur di sekitar jembatan. Di jembatan ini kita juga bisa berfoto ria, terdapat spot foto yang menawan dan instagramable buat anda yang hobby foto-foto.

aktivitas wisata pulau pramuka rencana perjalanan wisata pulau pramuka

Di Taman Nasional Pulau Pramuka juga terdapat tempat penangkaran hewan penyu yang di lindungi oleh pemerintah. Di sini anda akan melihat penangkaran penyu sisik dan penyu hijau yang habitatnya sudah semakin berkurang akibat penangkapan liar. Di penangkaran ini banyak edukasi yang bisa kita ambil sebagai pelajaran untuk melestarikan hewan-hewan yang hampir punah, Anda juga bisa berfoto dengan hewan penyu yang lucu dan menggemaskan ini.

penangkaran penyu taman nasional kepulauan seribu penangkaran penyu sisik pulau pramuka

#2. Pulau Semak Daun.

paket wisata open trip pulau pramuka paket wisata private trip pulau pramuka

Pulau Semak Daun adalah sebuah pulau kecil yang tidak berpenghuni dengan luas keseluruhan lebih kurang 8 hektar. Pulau dengan hamparan pasir putih di sepanjang garis pantainya, memiliki air yang jernih dan kehijauan. Pulau ini sudah sangat di kenal oleh para backpacker yang ingin camping dan mendirikan tenda di pulau ini, bila anda ingin bercamping di pulau ini terlebih dahulu harus membayar retribusi kepada petugas yang menjaga pulau ini. Keseruan camping di Pulau Semak Daun adalah udaranya yang sejuk, begitu bangun dan membuka pintu tenda hanya hamparan laut dengan pemandangan yang mempesonakan mata. Pulau semak daun juga di tumbuhi oleh pepohonan rimbun dan rindang yang membuat udara di sekitar pulau ini menjadi sejuk walaupun terik matahari di siang bolong.

snorkeling pulau semak daun diving pulau semak daun

Untuk anda yang menyukai keindahan bawah laut, pulau semak daun juga memiliki spot snorkeling yang indah dan menawan . Aktivitas wisata snorkeling adalah aktivitas yang sangat di sukai oleh para wisatawan, rasanya belum lengkap kalau tidak snorkeling bila berkunjung ke pulau ini. Tidak jauh dari area pulau semak daun juga ada spot diving yang populer di pulau seribu. Rata-rata wisatawan yang datang ke Pulau Seribu menjadikan Pulau Semak Daun sebagai destinasi wisata yang wajib di kunjungi karena terkenal dengan keindahan bawah lautnya.

#3. Pulau Air.

explore wisata pulau pramuka aktivitas wisata jelajah pulau

Pulau Air hampir sama dengan Pulau Semak Daun, Pulau ini menjadi destinasi utama tujuan Wisata ke Pulau Pramuka. Keindahan Panorama alamnya yang asri dan masih terjaga hingga kini. Pulau Air dan Pulau Semak Daun menjadi aktivitas wisata Jelajah Pulau dalam Paket Wisata Pulau Pramuka. Pulau Air sangatlah unik karena dipisah oleh sebuah sungai yang memanjang dan membelah pulau tersebut menjadi dua yaitu Pulau Air besar dan Pulau Air Kecil. Keunikan dari sungai Pulau Air adalah warna airnya yang hijau bening dan berbeda dengan sungai kebanyakan yang memiliki warna lebih jernih bahkan tidak berwarna.

destinasi wisata pulau pramuka objek wisata pulau pramuka

Aktivitas wisata yang sangat mengasyikan di Pulau Air adalah menyusuri sungai Pulau Air dengan perahu jelajah/nelayan sambil berfoto ria yang instagramable. Setiap wisatawan pastinya tidak akan melewatkan moment ini bersama teman dan sahabat yang menemani selama wisata, sambil menyusuri sungai anda akan dimanjakan oleh hijaunya air sungai serta pepohonan di kiri dan kanan Pulau Air yang asri.

Aktivitas lainnya adalah memancing di sungai Pulau Air, bisa di bilang Pulau ini adalah surganya buat para mancing mania karena berbagai macam ikan bisa anda temukan di pulau air. Sama seperti Pulau Semak Daun, Pulau air bisa di jadikan tempat camping bagi para backpacker untuk menikmati keindahan alam dan melewatkan malam di pulau ini. Buat pecinta keindahan bawah laut, pulau air tidak kalah pula dengan Pulau Semak Daun karena memiliki spot Snorkeling dengan biota bawah lautnya yang sangat indah dan menawan untuk dinikmati.

paket wisata open trip pulau paramuka paket wisata private trip pulau pramuka

#4. Pulau Gusung Patrick.

destinasi wisata pulau pramuka rencana perjalanan wisata pulau pramuka

Sama seperti Pulau Gosong Perak yang ada di Pulau Harapan, Pulau Gusung Patrick terbentuk dari endapan pecahan kerang, koral dan binatang laut lainnya. Semakin lama semakin membesar dan akhirnya terbentuklah sebuah pulau baru. Bila di lihat dari jauh, pulau ini tampak seperti gundukan pasir putih yang muncul apabila air laut surut dan akan hilang bila air laut pasang pada sore atau malam hari. Pulau gusung patrick bermateri pasir putih yang sangat halus dengan air lautnya yang sangat jernih dan bersih sangat lembut rasanya saat menginjakkan kaki di pulau ini.

Lokasi Pulau Gusung Patrick sangat dekat dari Pulau Pramuka, hanya butuh waktu 15 menit saja anda sudah sampai di pulau ini. Untuk menuju ke Pulau Gusung Patrick, wisatawan bisa menggunakan perahu nelayan. Apabila air laut surut, perahu nelayan bisa di tambatkan walaupun belum ada dermaga buat bersandar kapal.

wisata bahari pulau pramuka wisata pantai pulau pramuka

Aktivitas seru dan mengasyikkan di Pulau Gusung Patrick adalah bermain air dan berenang dipinggiran pantai sekaligus berfoto-foto. Adakalanya bagi wisatawan yang datang berombongan mengadakan Fun Game dan permainan menarik lainnya serta ada yang bermain sepakbola pantai dikala air laut surut. Makanya buat anda yang ingin ke pulau ini harus mencari waktu yang tepat agar bisa menikmati keindahannya di kala air laut surut. Jika air laut telah naik atau pasang bersiap-siaplah untuk kecewa karena tidak bisa bermain di pulau ini.

Selama ini warga Pulau Pramuka tidak menyadari akan kemunculan Pulau ini, mereka baru tersadar di saat pagi hari ketika akan melaut melihat hamparan pasir putih yang membentang panjang membentuk sebuah pulau pasir yang sangat cantik dan indah. Belum ada sumber yang pasti entah dari mana asal muasal nama pulau ini dinamakan Pulau Gusung Patrick.

wisata satu hari pulau pramuka explore pantai pulau gosong patrick

#5. Penangkaran Hiu Nusa Keramba.

objek wisata penangkaran hiu nusa keramba destinasi wisata pulau pramuka

Satu lagi Aktivitas Wisata yang menarik di Pulau Pramuka adalah mengunjungi Penangkaran Hiu Nusa Keramba. Dan yang lebih seru jika berkunjung tempat ini yaitu berenang dan memberi makan ikan hiu yang ada di dalam kolam penangkaran. Di penangkaran ini anda juga bisa snorkeling karena pemandangan bawah lautnya sangat mempesona sambil bermain-main dengan ikan hiu tetapi harus minta ijin terlebih dahulu dengan yang punya penangkaran. Tentunya ini menjadi pengalaman menarik dan berkesan yang tidak akan terlupakan buat wisatawan.

penangkaran hiu pulau pramuka paket wisata pulau pramuka

Lokasi penangkaran hiu ini berada tidak jauh dari Pulau Pramuka yaitu disebuah restoran terapung di tengah laut yang menyajikan khuliner khas Pulau Seribu. Penangkaran Hiu di Pulau Pramuka bisa menjadi edukasi untuk lebih mencintai alam dan satwa langka serta menjadi pengalaman berharga buat anak-anak serta keluarga bila anda mengajak mereka berlibur ke tempat ini. Penangkaran Hiu di Pulau Pramuka ini menjadi wisata edukasi satu-satunya yang ada di Pulau Seribu.

Cara Menuju Ke Pulau Pramuka

Buat anda yang ingin mengadakan perjalanan wisata ke Pulau Pramuka bisa berangkat melalui 2 Dermaga yang ada di Jakarta yaitu Dermaga Kaliadem - Muara Angke Baru menggunakan transportasi Kapal Ferry dengan waktu tempuh perjalanan 3 jam dan Dermaga Marina Ancol Jakarta menggunakan transportasi Kapal Cepat/Speed Boat dengan waktu tempuh perjalanan lebih cepat hanya 1,5 jam saja.

~ Jadwal keberangkatan Kapal Ferry dari Dermaga Kaliadem adalah jam 08.00 pagi dan dari Dermaga Marina Ancol adalah jam 08.15 pagi.
~ Jadwal keberangkatan Kapal Ferry dari Pulau Pramuka ke Kaliadem adalah jam 11 siang dan dari Pulau Pramuka ke Marina Ancol adalah jam 14.00 siang.

~ Harga Tiket Kapal Ferry dari Dermaga Kaliadem ke Pulau Pramuka Rp.75.000,- (sekali jalan) plus Asuransi.
~ Harga Tiket Speed Boat dari Dermaga Marina Ancol ke Pulau Pramuka Rp.175.000,- (sekali jalan) plus Asuransi.

paket wisata open trip pulau pramuka paket wisata private trip pulau pramuka

Demikianlah Artikel yang singkat ini, Semoga yang membaca artikel ini bisa mendapatkan Informasi dan Gambaran tentang Destinasi Wisata Pulau Pramuka bila ingin mengadakan perjalanan Wisata ke Pulau Seribu khususnya ke Pulau Pramuka Kepulauan Seribu Utara.

Pilihan Paket Wisata Pulau Seribu - Jelajah Nusantara

paket wisata pulau harapan paket wisata pulau pramuka

paket wisata pulau pari paket wisata pulau tidung

open trip satu hari jelajah tiga pulau kelor cipir dan onrust

trip satu hari pulau pramuka trip satu hari pulau harapan

trip satu hari pulau tidung trip satu hari pulau pari

Informasi Lengkap Tentang Detail Paket : Silahkan Klik Gambar

Peta Wisata Pulau Pramuka



Judul : 5 Destinasi Wisata Pulau Pramuka Yang Wajib Dikunjungi Oleh Wisatawan Pulau Seribu
Ditulis oleh : Syafri Nur Damaryanto

Komentar

logo jelajah nusantara indonesia

Jelajah Nusantara. Layanan informasi dan reservasi untuk destinasi alam, Nusantara Indonesia.

Keberagaman destinasi, hayati, budaya dan aktivitas menjadi daya tarik wisata di Indonesia, persiapkan diri untuk menyambut panggilan alam Nusantara .

  083 149 300 500
  https://www.jelajah-nusantara.com

Destinasi Populer

Sunrise Bromo

Jeep Bromo