5 Pulau Eksotik Yang Jadi Favorit Para Traveller Dalam Wisata Pulau Harapan

5 Pulau Eksotik Yang Jadi Favorit Para Traveller Dalam Wisata Pulau Harapan

jelajah pulau harapan kepulauan seribu

Explore Pulau Harapan - Artikel ini akan memberi gambaran dan informasi buat wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Harapan tentang aktivitas wisata Jelajah Pulau (Hopping Island) yang menjadi aktivitas Wisata Populer Pulau Harapan dan Aktivitas wisata andalan oleh para operator wisata dalam itinerary "Wisata Pulau Harapan".

Jelajah Pulau Harapan


menunggu suset pulau harapan

Jelajah Pulau atau Hopping Island adalah aktivitas wisata mengunjungi/menyinggahi pulau-pulau kecil yang tak berpenghuni di satu gugusan kepulauan yang mana pulau kecil tersebut diperuntukkan untuk Destinasi Wisata Pulau. Jelajah Pulau biasanya dilakukan dalam satu waktu ke beberapa pulau kecil dari pagi sampai sore hari. Transportasi yang digunakan adalah kapal nelayan bermotor dengan kapasitas 20 hingga 25 orang, masyarakat Pulau Seribu menyebutnya Kapal Jelajah.

Selama berada di pulau yang disinggahi beragam aktivitas yang bisa dilakukan seperti berenang, bermain pasir, mengelilingi pulau sambil menikmati keindahan pulau bahkan yang hobby fotography (hunting foto) bisa mengabadikan keelokan dan keindahan pulau tersebut. Buat yang suka dengan foto Instagramable tak akan menyia-nyiakan kesempatan yang bagus ini untuk berfoto ria dan selfie.

aktivitas snorkeling pulau harapan jelajah pulau seribu harapan

Aktivitas wisata lain seperti Snorkeling (selam Permukaan) dan Diving, bila di pulau tersebut memiliki spot khusus untuk snorkeling dan diving, menjadi aktivitas yang menantang untuk di coba dengan menikmati keindahan bawah laut berikut biota laut serta terumbu karang yang beragam dihiasi oleh ikan-ikan kecil yang lucu dan menggemaskan seperti Nemo (ikan badut), sungguh menjadikan aktivitas wisata yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Aktivitas yang tidak kalah seru adalah jika di pulau yang di singgahi menyediakan wahana permainan air seperti sofa boat, banana boat, jet ski dan wahana lainnya, bisa di manfaatkan untuk mengisi kegiatan wisata yang seu dan mengasyikkan. Bagi anda suka tantangan yang memacu adrenalin bisa mencoba wahana jet ski dan banana boat, buat yang ingin asyik dan santai bisa mencoba sofa boat dan donat boat.

Berikut ini adalah Pulau-Pulau Eksotik yang menjadi aktivitas Jelajah Pulau Di Wisata Pulau Harapan :

1. Pulau Dolphin.


pulau dolphin kepulauan seribu

Pulau yang dijuluki "Sang Perawan Pulau Seribu" ini benar-benar masih alami dan cantik. Pulau dengan luas hanya satu hektar saja merupakan pulau tak berpenghuni yang dikelilingi oleh pantai dengan pasir putih yang landai, airnya yang biru kehijau-hijauan sangat nikmat di pandang mata dan suasana pulau yang hening dan nyaman. Menjadikan Pulau Dolphin sebagai Destinasi Favorit untuk Wisata Pantai dan Aktivitas Jelajah Pulau dalam Wisata Pulau Harapan.

Pulau Dolphin hanya berjarak 30 menit dari Pulau Harapan yang menjadikannya destinasi wajib dalam Paket Wisata Pulau Harapan. Pulau ini sudah mempunyai dermaga untuk kapal bersandar, setiap kapal atau perahu yang datang langsung menambatkan badan kapal atau di tepian pantai Pulau Dolphin.

aktivitas camping pulau dolphin sot foto pulau dolphin

Pulau Dolphin termasuk incaran para Backpacker untuk bermalam dan mendirikan tenda (camping). Suasananya yang hening dan jauh dari hiruk pikuk keramaian, sangat cocok untuk mencari ketenangan di suatu tempat yang anda idam-adamkan. Pulau dengan tanpa fasilitas apapun termasuk toilet, warung termasuk listrik. Jika ingin bermalam di pulau ini anda harus membawa perlengkapan yang lengkap dan bekal makanan sendiri.

● Info Detail Paket Camping Pulau Dholpin, Sepa dan Perak (Klik Disini)

Aktivitas yang bisa anda lakukan di pulau ini adalah :

1. Hunting Foto, karena banyaknya spot-spot foto keren buat anda yang hobby foto-foto.
2. Snorkeling, di kelilingi oleh spot snorkeling dan pulau-pulau kecil cantik disekitarnya.
3. Wisata Pantai, bersantai di tepi pantai yang landai dengan pasirnya yang putih.
4. Wisata Santai, menaiki sofa boat sambil menikmati pemandangan laut dan ayunan yang ada di area pantai.
5. Wisata Camping, merupakan spot camping idaman para backpacker dan terbaik yang ada di Kepulauan Seribu.

2. Pulau Perak.


pulau perak kepulauan seribu

Pulau yang tidak terlalu jauh dari Pulau Harapan, Pulau dengan hamparan pasir putih nan halus di sepanjang pantainya, saking halusnya kita bisa tidur-tiduran serasa tidur di atas kasur yang empuk. membentang dari bagian barat sampai ke utara, sedangkan dari bagian timur sampai selatan di tumbuhi oleh pohon bakau dan karang. Air laut di pinggir pantai pulau perak berwarna biru ke hijauan sangat bersih dan jernih.

Pulau Perak merupakan pulau tak berpenghuni, hanya di huni oleh penjaga pulau yang bergantian setiap harinya. Pulau Perak memiliki luasan area sekitar 3,6 hektar saja dan masuk kedalam administrasi wilayah Pulau Harapan Kepulauan Seribu Utara. Pulau yang di peruntukan kedalam zona area pariwisata dan rekreasi. Pulau perak sudah memiliki dermaga untuk bersandar kapal yang menyinggahi pulau ini. Pulau tanpa fasilitas seperti listrik maupun fasilitas umum lainnya.

aktivitas wisata menunggu sunset di pulau perak wisata pantai pulau perak

Aktifitas yang bisa kita lakukan di Pulau Perak adalah memancing di sekitar dermaga atau di atas perahu, berenang dan bermain pasir di pinggir pantai, bersantai dan menikmati pemandangan laut di tepi pantai, jalan-jalan mengelilingi pulau. Tersedia wahana permaianan air seperti banana boat, sofa boat dan donat boat. Terdapat pula ayunan di area pantai untuk berfoto yang Instagramable dan bangku-bangku dari kayu dan bambu untuk duduk sambil menikmati air kelapa muda yang tersedia di warung makanan satu-satunya yang ada di Pulau Perak.

Jangan di lupakan dan sampai terlewatkan selama berada di Pulau Perak yaitu menunggu tergelincirnya sang surya di ufuk barat. Karena Pulau Perak adalah destinasi pulau dalam aktivitas jelajah pulau yang terakhir di kunjungi di hari pertama dalam "Itinerary" di setiap Paket Wisata Pulau Harapan.

3. Pulau Bulat.


destinasi wisata pulau bulat

Di Namakan Pulau Bulat karena pulau ini benar-benar bulat bentuknya jika di lihat dari angkasa. Dari Kejauhan terlihat garis pantai ini berwarna putih. Semakin mendekat terlihat warna air lautnya yang bergradasi. Mulai dari biru tua, biru muda, hijau, hingga putih. Airnya terlihat sangat jernih, memperlihatkan terumbu karang beragam rupa. Di permukaan Pulau, pohon-pohon pinus tumbuh rindang laksana Canopy. Menampakkan hijau sempurna di antara warna biru Laut dan putihnya pasir di Pantai.

Pulau Bulat dikelilingi tembok pemecah ombak. Di antara tembok itu ada sebuah celah diapit dua tiang berupa gerbang, untuk bisa berlabuh perahu harus melewati celah tersebut. Pulau Bulat terasa sangat nyaman. Tiada sampah dan kotoran yang berserakan. Hanya daun-daun Pinus kering yang luruh tertiup angin, dan pengunjung yang asyik bermain, berlari, bahkan sekedar duduk saja di atas hamparan pasir. Tidak ada biaya masuk Pulau yang harus dibayar. Gratis! Hanya perahu motor yang dipungut ongkos singgah, sekedar untuk biaya kebersihan Pulau. Itulah mengapa Pulau Bulat terlihat bersih.

wisata pantai pulau bulat spot sunset pulau bulat

Seperti namanya, pulau ini berbentuk bulat dan tidak terlalu luas, hanya 1,28 hektar. Cukup berjalan kaki selama 15 menit pulau ini akan selesai dikelilingi. Dari pulau ini terlihat deretan pulau lain yang jaraknya saling berdekatan. Ternyata pulau ini adalah milik keluarga cendana yang pernah berkuasa selama 32 tahun di negeri Ini. Pulau ini sekarang di tinggalkan menjadi pulau tak berpenghuni dan yang ada hanyalah penjaga pulau ini.

Di Pulau Bulat kita bisa berenang di tepian pantai dan terdapat juga spot snorkeling yang tidak jauh dari dermaga kapal, mengelilingi pulau di antara rimbunan pepohonan sambil foto-foto tentunya bahkan gedung atau bangunan bekas villa yang ada bisa dijadikan spot foto yang keren.

4. Pulau Gosong.


paket wisata pulau seribu

Pulau Gosong hanyalah berupa gundukan pasir yang timbul apabila air laut surut dan bila air laut pasang pulau gosong tidak akan tampak sama sekali. Terbentuknya pulau ini berasal dari endapan pecahan kerang, koral dan binatang laut lainnya. Semakin lama semakin membesar dan akhirnya terbentuklah sebuah Pulau baru. Pulau Gosong sangat berdekatan dan masih bisa terlihat jelas dari Pulau Perak dan pulau-pulau kecil lainnya di Jajaran Pulau Harapan yang diperuntukkan untuk keperluan Wisata dan Rekreasi.

paket wisata pulau harapan paket pulau harapan murah

Walaupun hanya sekedar Gundukan Pasir Kecil bukan berarti tidak ada artinya, karena untuk "Itinerary" perjalanan Paket Wisata Pulau Harapan, hampir semua Operator Wisata menempatkan Pulau Gosong sebagai Destinasi penting dan wajib dikunjungi walaupun hanya sekedar untuk berfoto-foto, bermain pasir dan berenang di pinggir pantainya. Bahkan Pulau Gosong bisa juga di jadikan tempat untuk menunggu Sunset bila air laut belum pasang.

5. Pulau Kelapa Dua.


wisata edukasi pulau kelapa dua

Pulau Kelapa Dua jaraknya sangat dekat dengan Pulau Harapan hanya 10 menit ditempuh dengan perahu nelayan. Pulau Ini adalah pulau berpenghuni/penduduk yang mayoritas penduduknya adalah keturunan Suku Bugis dari Sulawesi Selatan. Rata-rata rumah di pulau kelapa dua adalah rumah panggung yang menjadi identitas mereka dimana dahulunya nenek moyang mereka berlayar sampai ke pulau ini.

Pulau Kelapa Dua merupakan satu dari tiga seksi Taman Nasional di Kepulauan Seribu yang menjadi Asean Heritage Park 2017 bersama Pulau Harapan dan Pulau Pramuka, sebagai Taman Nasional Kepulauan Seribu, Pulau Kelapa Dua menjadi tempat untuk konservasi penyu hijau. Terdapat dua jenis penyu hijau yang dikonservasi yaitu Penyu Sisik dan Penyu Sirip. Mengunjungi penangkaran penyu putih yang terdapat di dalam sebuah bangunan kecil dan di sana kita bisa menggali informasi kepada petugas tentang kehidupan dan pengembang biakan penyu, kita bisa juga berphoto dengan penyu.

taman nasinal kepulauan seribu konservasi tanaman mangrove pulau kelapa dua

Pulau Kelapa Dua juga menjadi tempat penanaman Mangrove dan terumbu karang, dipinggir pantai pulau kelapa dua yang mempunyai air sangat jernih ini kita bisa duduk-duduk dan foto-foto tentunya. Di belakang bangunan tempat penangkaran penyu terdapat area penanaman budidaya mangrove, bisa kita jadikan untuk spot foto yang instagramable dan keren pastinya.

paket wisata pulau harapan paket pulau harapan murah

Dalam "Itinerary" Paket Wisata Pulau Harapan, Pulau Kelapa Dua di tempatkan oleh operator wisata sebagai destinasi pulau hari terakhir dalam aktivitas Jelajah Pulau. Tunggu apalagi... Yuk Liburan Ke Pulau Seribu... khususnya ke Pulau Harapan yang banyak menawarkan Destinasi Wisata yang keren dan ciamik... Bila berminat silahkan pesan Paket Wisata Pulau Seribu di bawah ini.

Paket Wisata Pulau Seribu

(Klik Image Untuk Info Detail Paket)

paket wisata pulau harapan paket wisata pulau pramuka

paket wisata pulau pari paket wisata pulau tidung



trip satu hari pulau pramuka trip satu hari pulau harapan

trip satu hari pulau tidung trip satu hari pulau pari

Peta Lokasi Wisata Pulau Harapan

Komentar

logo jelajah nusantara indonesia

Jelajah Nusantara. Layanan informasi dan reservasi untuk destinasi alam, Nusantara Indonesia.

Keberagaman destinasi, hayati, budaya dan aktivitas menjadi daya tarik wisata di Indonesia, persiapkan diri untuk menyambut panggilan alam Nusantara .

  083 149 300 500
  https://www.jelajah-nusantara.com

Destinasi Populer

Sunrise Bromo

Jeep Bromo