Pananjakan 1 Spot Sunrise View Point Pilihan Terfavorit Traveler Wisata Gunung Bromo

Pananjakan 1 Spot Sunrise View Point Pilihan Terfavorit Traveler Wisata Gunung Bromo

spot sunrise view point pananjakan 1 wisata gunung Bromo

Puncak Pananjakan 1, merupakan spot sunrise tertinggi di jajaran pegunungan Bromo untuk menyaksikan matahari terbit di Gunung Bromo. Memiliki ketinggian 2274 mdpl dan ketinggiannya melebihi dari pada Gunung Bromo yang hanya 2329 mdpl. Posisinya berada di arah barat daya Gunung Bromo dan masuk dalam wilayah desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.

Dengan keberadaannya yang cukup tinggi dan lokasinya yang strategis, Pananjakan 1 oleh wisatawan dijadikan tempat untuk mengambil foto dan video pemandangan Gunung Bromo dan sekitarnya bahkan untuk Foto yang Instagramable.

Spot Sunrise Pananjakan 1 Bromo


Spot sunrise Bromo puncak pananjakan 1 wisata Bromo

Wisata Gunung Bromo, liburan ke Bromo tanpa menyaksikan Matahari Terbit (Sunrise) rasanya seperti sayur tanpa garam, karena memang itulah tujuan utama para traveler liburan ke Gunung Bromo di samping spot Panorama Bromo sendiri. Sunrise Bromo untuk para wisatawan lokal dan mancanegara sudah sangat di kenal dengan sebutan "Golden Sunrise Bromo". Puncak Pananjakan 1 adalah spot sunrise favorit wisatawan di Gunung Bromo, karena di lokasi ini menikmati keindahan Sunrise Bromo begitu eksotik dan mempesona bagi wisatawan di bandingkan spot sunrise Bromo yang lain.

Puncak Pananjakan 1 setiap Weekend dan Liburan Nasional seperti Lebaran, Natal dan Tahun Baru begitu juga pada saat liburan sekolah selalu di padati oleh pengunjung. Untuk itu disarankan datang lebih awal Jam 04.00 pagi agar bisa mendapatkan posisi yang pas menyaksikan sunrise dan tidak berdesak-desakan dengan pengunjung yang lain. Berbeda jika wisatawan berkunjung atau liburan pada saat Weekday / hari kerja karena wisatawan yang berkunjung tidak seramai pada saat Weekend dan Liburan Nasional.

Keunggulan Puncak Pananjakan 1


keunggulan spot sunrise Bromo panajakan 1

Dengan keberadaannya yang cukup tinggi, dari puncak Pananjakan 1 wisatawan sangat di manjakan oleh pemandangan Panorama Kaldera Bromo dengan Lautan Pasir Bromo yang terhampar begitu luas, awan yang menggantung seperti kapas terbang di udara, kemegahan Kawah Bromo, Gunung Batok yang berdiri gagah di samping Gunung Bromo, Gunung Widodaren, Gunun Segoro Wedi dan Gunung Kursi yang berada di area kaldera Bromo.

Pananjakan 1 termasuk ke dalam rencana perjalanan (Itinerary) Wisata Gunung Bromo yang ada di Paket Wisata Bromo, Keberadaannya selalu di nomor satukan untuk menarik minat wisatawan yang ditawarkan oleh Agen Travel dan Agen Wisata. Pananjakan 1 dari awal orang-orang yang tahu dengan keindahan Sunrise Bromo lebih dikenal dengan sebutan "Puncak Para Dewa" sedangkan Sunrise Bromo sendiri mendapat Julukan "Golden Sunrise Bromo".

Fasilitas spot sunrise pananjakan 1 wisata gunung Bromo

Fasilitas Pananjakan 1

Fasilitas yang ada di Pananjakan 1 sudah cukup memadai dan lengkap seperti Lahan parkir kendaraan, Mushola, Kamar mandi, Toilet serta warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman seperti kopi, teh dan minuman hangat, tidak lupa gorengan atau makanan ringan. Terdapat juga kios-kios yang menjual cinderata mata yang berkaitan dengan Bromo seperti syal, sarung tangan dan topi kupluk serta penyewaan jaket tebal, selimut dan tikar.

Rute ke Pananjakan 1

Rute perjalanan menuju Pananjakan 1 bisa dilalui dari 3 jalur yaitu Pasuruan, Wonokitri dan Purwodadi. Jalur ini lebih banyak dilalui oleh wisatawan karena lebih dekat ke Pananjakan 1 dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Apalagi jika wisatawan menginap di Pasuruan dan sekitarnya tentunya lebih mempersingkat waktu. Rute lainnya adalah dari Batu atau Malang yaitu melewati Tumpang - Gubugklakah - Ngadas - Jemplang - Kaldera Bromo - Bukit Cinta - Bukit Kingkong - Pananjakan 1. Sedangkan jika dari Probolinggo bisa melalui pintu masuk Bromo yaitu di Cemoro Lawang.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Bromo


spot sunrise pananjakan 1 wisata gunung Bromo

1. Pada waktu awal musim kemarau, karena pada waktu tersebut langit sedang cerah dan tidak banyak awan yang menutupi pemandangan untuk menyaksikan Sunrise, tetapi untuk suhu di Bromo bisa mencapai 5 hingga 10 derajat celcius.

2. Weekday atau hari kerja karena pada saat itu wisatawan yang berkunjung sedikit sekali karena lebih leluasa dan bebas tidak berdesak-desakan dengan wisatawan yang lain.

3. Jangan Pada saat hari libur Lebaran, Natal, Tahun Baru apalagi hari libur sekolah dan Weekend. Saat itu Bromo lagi padat dan ramai oleh wisatawan dari sekitar Jawa Timur bahkan dari daerah lain.

Peta Wisata Gunung Bromo Jawa Timur



sewa jeep wisata gunung bromo

Komentar

logo jelajah nusantara indonesia

Jelajah Nusantara. Layanan informasi dan reservasi untuk destinasi alam, Nusantara Indonesia.

Keberagaman destinasi, hayati, budaya dan aktivitas menjadi daya tarik wisata di Indonesia, persiapkan diri untuk menyambut panggilan alam Nusantara .

  083 149 300 500
  https://www.jelajah-nusantara.com

Destinasi Populer

Jelajah Nusantara