Pasir Berbisik Spot Panorama Wisata Gunung Bromo Yang Wajib Dikunjungi Traveler

Pasir Berbisik Spot Panorama Wisata Gunung Bromo Yang Wajib Dikunjungi Traveler

spot panorama pasir berbisik wisata gunung bromo

Spot Panorama Pasir Berbisik - merupakan hamparan pasir yang sangat luas di kaldera Gunung Bromo dan salah satu Destinasi Wisata favorit di Bromo. Sehingga tidak mengherankan bila lautan pasir ini menjadi tempat favorit wisatawan untuk hunting foto sampai digunakan sebagai foto pre-wedding bagi pasangan yang akan menikah . Pasir Berbisik dikelilingi oleh ngarai dan lembah yang menjadi spot panorama menikmati pemandangan di Bromo oleh para wisatawan. Sangat di sayangkan bila berkunjung ke Bromo tidak menyempatkan waktu untuk menjelajahi lautan pasir yang terhampar begitu luas ini.

Asal Usul Terbentuknya Pasir Berbisik


Pasir Berbisik awal mula terbentuknya adalah dari 2 letusan Gunung Purba yang ada di Pegunungan Tengger terjadi beratus tahun yang lalu, dampak dari letusan gunung tersebut yaitu berupa material pasir (vulkanik) yang lama-kelamaan membentuk dataran yang sangat luas di lembah dan kaldera Bromo seperti yang kita lihat saat ini. Luasnya mencapai 5,9 hektar (10 kilometer persegi) dan membentang di sisi timur kawah Gunung Bromo.

Walaupun berupa pasir, strukturnya sangat halus, warnanya hitam, tidak banyak vegetasi, hanya rerumputan dan perdu yang bisa tumbuh di hamparan pasir ini. Keindahan pasir ini dilengkapi dengan adanya dinding seperti tebing, berjajar melingkari lautan pasir dengan ketinggian 200 hingga 600 meter dan kemiringan dindingnya mencapai 60 hingga 80 derajat.

Hamparan pasir ini pada saat angin berhembus yang membuat pasir-pasirnya beterbangan dan membentuk pusaran angin seperti ada suara yang mendesir membisikkan sesuatu ke telinga kita. Apalagi pada saat musim kemarau hembusan anginnya sangatlah kencang bahkan membubung tinggi dan berputar seperti Badai Pasir. Fenomena ini terjadi pada saat pergantian musim dari musim hujan ke musim kemarau. Di kawasan ini pada tahun 2001 pernah dijadikan tempat syuting sebuah film yang berjudul Pasir Berbisik dan semenjak itulah lebih popular dengan nama "Pasir Berbisik".

Daya tarik Pasir Berbisik


pasir berbisik spot panorama wisata gunung bromo

Panorama alam dengan lautan pasir yang begitu luas ini tidak akan anda temui di gunung-gunung lain di Indonesia, bahkan hanya di Bromo bisa anda temukan dan nikmati keindahannnya. Panorama lain yang ada di Pasir Berbisik adalah menyaksikan dari lautan pasir ini di kala kawah Bromo mengeluarkan kepulan asap putih dari kawahnya, bagi anda yang hobby fotography, fenomena ini bisa menjadi dokumentasi atau kenang-kenangan bahwasanya "Saya sudah pernah ke Bromo ... kalian kapan ke Bromo" ini bisa menjadi caption di foto yang anda abadikan.

Kemudian menyaksikan dari jauh ke kawah bromo wisatawan berbondong-bondong menapaki anak tangga menuju kawah Bromo, menyaksikan Gunung Batok yang ada di sebelah Gunung Bromo berdiri dengan kokohnya menghiasi hamparan lautan Pasir Berbisik. jangan lupakan juga untuk singgah dan berfoto di Pura Luhur Poten yang merupakan tempat peribadatan masyarakat suku Tengger yang beragama Hindu.

paket wisata open trip dan private trip jelajah pulau

Fasilitas di Pasir Berbisik


Fasilitas yang tersedia di area Pasir Berbisik yaitu warung-warung yang menjual makanan dan minuman hangat seperti nasi rames, mie instan, bakso, kopi, teh dan minuman lainnnya. Ada juga penjual oleh-oleh berupa kaos dan cinderamata yang berkaitan dengan wisata Bromo. Para penjual ini membuka lapak dagangannya di area-area tertentu bahkan sampai ke bawah anak tangga Kawah Bromo. Tidak Lupa dan sangat penting sekali adalah Toilet yang di bangun dengan swadaya masyarakat Tengger yang tinggal di sekitar Gunung Bromo.

Rute Menuju Pasir Berbisik


Ada 3 rute atau jalur pintu masuk ke Bromo khususnya Pasir Berbisik. Ke tiga rute ini adalah rute yang paling sering di lalui oleh wisatawan yang hendak mengisi liburannya ke Bromo, ketiganya merupakan rute terbaik, cepat dan aman menuju ke Wisata Gunung Bromo.

1. Dari arah Batu / Malang masuk melalui Tumpang - Gubugklakah - Jemplang - Bukit Teletubbies - Kaldera Bromo - Pasir Berbisik.
2. Dari arah Pasuruan masuk melalui Desa Tosari - Kaldera Bromo - Pasir Berbisik.
3. Dari arah Probolinggo masuk melalui Tongas - Cemoro Lawang - Kaldera Bromo - Pasir Berbisik.

Semua rute yang telah disebutkan diatas telah tersedia jasa Sewa Jeep Bromo, karena hanya kendaraan inilah yang lebih cocok untuk mengarungi medan wisata di Bromo dan dapat dipesan secara online maupun on the spot.

sewa jeep wisata gunung bromo dari batu, malang, tumpang, pasuruan dan probolinggo

Komentar

logo jelajah nusantara indonesia

Jelajah Nusantara. Layanan informasi dan reservasi untuk destinasi alam, Nusantara Indonesia.

Keberagaman destinasi, hayati, budaya dan aktivitas menjadi daya tarik wisata di Indonesia, persiapkan diri untuk menyambut panggilan alam Nusantara .

  083 149 300 500
  https://www.jelajah-nusantara.com

Destinasi Populer

Jelajah Nusantara