Pura Luhur Poten Panorama Wisata Gunung Bromo Kebanggaan Suku Tengger Bromo

Pura Luhur Poten Panorama Wisata Gunung Bromo Kebanggaan Suku Tengger Bromo

spot panorama pura luhur poten wisata gunung Bromo

Pura Luhur Poten atau Sanggar Agung Poten adalah Sebuah Pura tempat persembahyangan umat Hindu Tengger, berada di bawah Gunung Bromo atau tepatnya di kaldera Bromo. Pura ini berdiri di atas lautan pasir Bromo, di bangun permanen dan hanya Pura Luhur Poten adalah satu-satunya bangunan yang ada di sekitar lautan pasir Bromo. Peruntukan Pura ini adalah untuk Peribadatan umat Hindu Tengger untuk menyembah Dewa Brahma salah satu Dewa Utama dalam kepercayaan umat Hindu.

Pura Luhur Poten setiap tanggal 14 Bulan Kasada kalender tahun Saka umat Hindu Tengger mengadakan Upacara Yadnya Kasada yaitu upacara kurban melarung sesaji ke kawah Gunung Bromo yang di percayai sebagai tempat bersemayamnya Dewa Brahma. Dengan Membawa Ongkek yang berisi sesaji dari berbagai hasil pertanian, ternak dan sebagainya kemudian di lemparkan ke kawah Gunung Bromo.

Pura Luhur Poten Gunung Bromo

Pura Luhur Poten mulai di bangun pada tahun 2000 yang merupakan hasil dari gotong royong umat Hindu Tengger setelah mengalami reformasi ke Agama Hindu Dharma. Pura ini di bangun di atas lahan disebut juga Poten berasal dari kata empot-empoting ati yang artinya hati yang terdalam. Selama ratusan tahun lahan ini di pakai oleh penduduk Tengger yang beragama Budha untuk upacara Labuh Kasada. Setiap tahun peringatan ulang tahun pura ini dilaksanakan setiap tanggal 14 Bulan Kasada (Bulan ke 12) kalender Saka masyarakat Tengger. Perayaan dilakukan pada siang hari sebelum Upacara Yadnya Kasada di malam hari.

Lokasi Pura Luhur Poten

Berada pada ketinggian 2200 mdpl dikelilingi oleh jajaran pegunungan di antaranya Gunung Bromo, Gunung Batok dan Gunung Semeru. Pura Luhur Poten sangatlah unik karena berdiri di atas lautan pasir Bromo, bentuk bangunan pura ini adalah perpaduan arsitektur antara adat Jawa dan Bali. Pura Luhur Poten yang di bangun pada tahun 2000 ini terbagi atas 3 Zona atau 3 mandala yaitu :

1. Mandala Utama merupakan tempat pelaksanaan persembahyangan yang di dalamnya terdapat sebuah Padma ( tempat pemujaan).
2. Mandala Madya adalah tempat untuk persiapan dan pengiringan sebelum upacara pemujaan dilaksanakan.
3. Mandala Nista adalah ruang terbuka yang mempunyai pintu tunggal sebagai tempat peralihan dari luar untuk masuk ke dalam pura.

Setiap Zona atau Mandala memiliki bangunan Candi Bentar yang menjadi pintu masuk ke dalam pura sedangkan pekarangan pura di batasi oleh tembok penyengker dengan kreasi arsitektur yang sangat indah dan religius. Bangunan pura menghadap ke barat dan untuk memasuki pura menuju ke arah timur demikian pula dengan tempat pemujaan atau persembahyangan menghadap ke timur ke arah terbitnya Matahari.

Upacara Yadnya Kasada

Pura Luhur Poten setiap tanggal 14 Bulan Kasada kalender tahun Saka umat Hindu Tengger mengadakan Upacara Yadnya Kasada yaitu upacara kurban melarung sesaji ke kawah Gunung Bromo yang di percayai sebagai tempat bersemayamnya Dewa Brahma. Dengan Membawa Ongkek yang berisi sesaji dari berbagai hasil pertanian, ternak dan sebagainya kemudian di lemparkan ke kawah Gunung Bromo. Pada saat perayaan Yadnya Kasada inilah kunjungan wisata ke Pura Luhur Poten mencapai puncaknya, buat wisatawan yang ingin menyaksikan acara yang sakral ini harus merencanakan jauh-jauh hari sebelumnya, bila tidak semua fasilitas akomodasi di kawasan Bromo dan sekitarnya bisa jadi sudah full-booked bila anda terlambat.

Rute ke Pura Luhur Poten

Untuk menuju Pura Luhur Poten Bromo, terlebih dahulu anda harus melintasi lautan pasir Bromo, bisa di tempuh dengan berjalan kaki, menyewa kuda, naik ojek motor atau sewa Jeep Bromo tergantung dari pilihan anda masing-masing. Jangan lupa untuk mempersiapkan kacamata dan masker guna menghindari butiran pasir yang terbang terbawa oleh hembusan angin yang mungkin bisa menerpa wajah anda. Topi, sunblock atau payung sertakan juga dalam list barang bawaan anda untuk menangkal terik sinar Matahari dan yang tidak kalah penting adalah air putih untuk menghindari dehidrasi.

sewa jeep wisata gunung bromo dari batu, malang, tumpang, pasuruan dan probolinggo

paket wisata open trip dan private trip jelajah pulau

Komentar

logo jelajah nusantara indonesia

Jelajah Nusantara. Layanan informasi dan reservasi untuk destinasi alam, Nusantara Indonesia.

Keberagaman destinasi, hayati, budaya dan aktivitas menjadi daya tarik wisata di Indonesia, persiapkan diri untuk menyambut panggilan alam Nusantara .

  083 149 300 500
  https://www.jelajah-nusantara.com

Destinasi Populer

Jelajah Nusantara