Pulau Gosong - Gundukan Pasir Putih Yang Tampak Ketika Air Laut Surut

Pulau Gosong - Gundukan Pasir Putih Yang Tampak Ketika Air Laut Surut

pulau gosong destinasi wisata pulau harapan

Pulau Gosong - Sangat menarik untuk membicarakan nama Pulau yang satu ini, dari namanya kita sudah membayangkan seperti apa bentuk fisiknya, tapi setelah anda mengunjungi Pulau ini akan berbeda kenyataannya dengan yang anda bayangkan, begitu juga dengan saya setelah datang sendiri ke sana dan pada waktu itu saya sempat bertanya kepada pemandu wisata saya , kenapa di namakan Pulau Gosong ? jawabannya begini, coba kalau anda dari pagi sampai sore di Pulau ini apalagi matahari sangat terik, pasti nama anda akan sama dengan nama Pulau ini, hmhmhm... masuk akal juga pikir saya walaupun jawabannya agak sedikit berkelakar ha.ha.ha...

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Pulau Gosong

  • Berupa daratan sempit memanjang yang terjadi dari proses sedimentasi, penumpukan dari endapan batuan koral, kerang dan hewan laut
  • Lebih cocok disebutnya sebagai Gundukan Pasir yang tampak ketika air laut surut
  • Pulau yang tidak tercantum dalam data administrasi wilayah Pulau Harapan
  • Aktivitas wisata yang bisa dilakukan di pulau ini hanya Foto instagramable, Bermain air, Berenang dan Snorkeling jika air laut surut
  • Diburu oleh wisatawan karena pasirnya yang putih dan bersih
Open Trip Kepulauan Seribu

Pulau Gosong - Hamparan Pasir Putih Incaran Traveller

destinasi wisata pulau harapan
Pulau Gosong - berupa daratan sempit memanjang yang terjadi dari proses sedimentasi, penumpukan dari endapan batuan koral, kerang dan hewan laut lainnya sehingga menjadi pulau kecil

Pulau Gosong sangat berdekatan dan masih bisa terlihat jelas dari Pulau Perak serta pulau-pulau kecil lainnya di Jajaran Pulau Harapan yang diperuntukkan untuk keperluan Wisata dan Rekreasi. Dari Pulau Perak, Pulau Gosong tampak seperti pantulan cahaya warna putih, diantara birunya laut yang ada disekitarnya. Pulau ini secara administrasi masuk dalam wilayah Kelurahan Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara.

Wilayah Administrasi Kelurahan Pulau Harapan, tidak menyebutkan Pulau Gosong sebagai pulau dalam cakupan sebuah wilayah yang perlu di data, disebutnya sebagai Gundukan Pasir yang muncul ke permukaan dan terpengaruh dengan pasang surut. Anda tidak akan selamanya bisa menyaksikan Gundukan Kecil yang menyembul diantara Permukaan Laut, karena pada saat air pasang bukit pasir kecil ini akan tenggelam tertutup Lautan.

paket wisata open trip bromo midnight dari malang dan batu

Proses Terbentuknya Pulau Gosong

wisata gabungan pulau harapan
Pulau Gosong - walaupun hanya berupa gundukan pasir yang tampak ketika air laut surut, wisata pantai adalah aktivitas wisata yang sangat di sukai oleh wisatawan Trip Pulau Harapan.

Menurut Teori ILMU GEOLOGI yang lazim saat ini, pembentukan Kepulauan Indonesia terkait dengan Teori Tektonik Lempeng (TECTONIC PLATE), yang menjelaskan tentang pergerakan di kulit bumi sehingga memunculkan bentuk permukaan bumi yang seperti sekarang ini, semua proses ini berlangsung karena aktivitas Vulkanik dan Tektonis di Indonesia.

Tapi lain halnya dengan proses pembentukan pulau-pulau kecil seperti yang nampak di Kepulauan Seribu dan Pulau Gosong bisa diambil sebagai contoh proses pembentukan pulau yang lebih sederhana dari yang lainnya. Bentukan ini berasal dari endapan pecahan kerang, koral dan binatang laut lainnya. Semakin lama semakin membesar dan akhirnya terbentuklah sebuah pulau baru.

Open Trip Gunung Bromo

Aktivitas Wisata di Pulau Gosong

sharing trip pulau harapan rencana perjalanan wisata pulau harapan
Wisata Pantai Pulau Gosong - Bermain air, berenang ketika air laut surut bahkan berfoto ria Instagramable jadi incaran para traveler Pulau Harapan

Walaupun hanya sekedar Gundukan Pasir Kecil bukan berarti tidak ada artinya, karena untuk "Itinerary" perjalanan Wisata Pulau Harapan, hampir semua Operator Wisata menempatkan Pulau Gosong sebagai Destinasi penting dan wajib dikunjungi walaupun hanya sekedar untuk berfoto-foto untuk mendapatkan hasil foto yang instagramable serta berenang dan bermain pasir di samping aktivitas wisata Jelajah Pulau.

Aktivitas wisata yang tidak kalah seru adalah buat pecinta Snorkeling, di sekitar area pantai Pulau Gosong terdapat juga spot-spot snorkeling yang bisa memanjakan mata anda untuk menikmati keindahan bawah laut jika air laut belum pasang. Di samping itu masih ada lagi aktivitas yang lebih menyejukkan mata anda dengan menunggu Sunset di Pulau Gosong dari atas perahu sebelum kembali pulang ke Pulau Harapan.


aktivitas snorkeling pulau gosong sunset wisata pulau harapan
Snorkeling dan Sunset - aktivitas wisata yang bisa dilakukan jika kamu ingin berlama-lama di pulau ini

Tunggu apalagi... Yuk kita kepoin Wisata Pulau Seribu dengan mengunjungi destinasi wisata di pulau-pulaunya yang masih alami dan cantik. Tidak perlu jauh sampai keluar Pulau Jawa atau ke Mancanegara, Pulau Seribu Banyak menawarkan keindahan pulau eksotik dan menawan khususnya di Pulau Harapan.

Cara Menuju Ke Pulau Harapan

Buat anda yang ingin mengadakan perjalanan Wisata ke Pulau Harapan bisa berangkat melalui 2 Dermaga yang ada di Jakarta yaitu Dermaga Kaliadem - Muara Angke Baru menggunakan transportasi Kapal Ferry dengan waktu tempuh perjalanan 3 jam dan Dermaga Marina Ancol Jakarta menggunakan transportasi Kapal Cepat/Speed Boat dengan waktu tempuh perjalanan lebih cepat hanya 1,5 jam saja.

  • Jadwal keberangkatan Kapal Ferry dari Dermaga Kaliadem adalah jam 08.00 pagi dan dari Dermaga Marina Ancol adalah jam 08.15 pagi.
  • Jadwal keberangkatan Kapal Ferry dari Pulau Harapan ke Kaliadem adalah jam 11 siang dan dari Pulau Harapan ke Marina Ancol adalah jam 14.00 siang.
  • Harga Tiket Kapal Ferry dari Dermaga Kaliadem ke Pulau Harapan Rp.92.000,- (sekali jalan) plus Asuransi.
  • Harga Tiket Speed Boat dari Dermaga Marina Ancol ke Pulau Harapan Rp.280.000,- (sekali jalan) plus Asuransi.

paket wisata pulau harapan wisata gabungan pulau harapan
Ferry dan Speed Boat ke Pulau Harapan - Dua jenis transportasi yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan untuk menuju ke Pulau Seribu yaitu Kapal Ferry dari Dermaga Kaliadem dan Speedboat dari Marina Ancol

Fasilitas Paket Wisata Open Trip Pulau Harapan 2 hari 1 malam

  • Tiket Kapal Kaliadem - Pulau Harapan PP
  • Asuransi Jasa Raharja dari tiket kapal
  • Homestay AC 1 malam
  • Makan 3 kali dan Mineral Galon di Homestay
  • Barbeque 1 kali
  • Kapal Jelajah Pulau dan Snorkeling
  • Snorkeling dan Peralatannya
  • Dokumentasi Underwater
  • Guide Jelajah Pulau dan Snorkeling
Detail! Kontak
Open Trip Kepulauan Seribu

Peta Wisata Pulau Harapan Kepulauan Seribu Utara



sewa jeep wisata gunung bromo dari batu, malang, tumpang, pasuruan dan probolinggo

Komentar

logo jelajah nusantara indonesia

Jelajah Nusantara. Layanan informasi dan reservasi untuk destinasi alam, Nusantara Indonesia.

Keberagaman destinasi, hayati, budaya dan aktivitas menjadi daya tarik wisata di Indonesia, persiapkan diri untuk menyambut panggilan alam Nusantara .

  083 149 300 500
  https://www.jelajah-nusantara.com

Destinasi Populer

Sunrise Bromo

Jeep Bromo